Ratusan Warga Meriahkan Pesta Nelayan di Laguruda

Takalar - Perayaan pesta nelayan yang menjadi agenda tahunan Dinas Sosial dan Parawisata Takalar, kembali digelar Kamis (4/6) kemarin. Perayaan ini sebagai salah satu program wisata yang dikerjasamakan dengan para nelayan yang tahun ini dipusatkan di Desa Laguruda, Kec. Sanrobone. Tahun kemarin diselenggarakan di Kec. Galesong.

Salah satu kegiatan ritual yang sering dilakukan para nelayan sebelum melaut yakni mempersembahkan sesajian berupa nasi ketan yang diatasnya ditaruh telur dan ditandai dengan pemotongan ayam dan pembakaran lilin serta hiburan rakyat.

Pesta ini dihadiri ratusan nelayan dari berbagai kampung hanya untuk melakukan kegiatan ritual yang sudah menjadi kebiasaan setiap tahunnya. Upacara ritual para nelayan ini pun dilakukan secara tradisional dan dikolaborasikan dengan program pemerintah dirangkai pemberian bantuan kepada para nelayan.

Bupati Takalar, H Ibrahim Rewa di tengah hiruk pikuknya kegembiraan nelayan tersebut, mengatakan, pesta nelayan ini sudah diagendakan secara nasional karena satu-satunya pesta nelayan di Indonesia sebagai ritual sebelum nelayan melaut.

Kadis Sosial dan Parawisata Takalar, H Syarifuddin Hamzah menambahkan, pesta nelayan ini sengaja dipindah-pindahkan lokasi perayaannya dengan alasan untuk memberi pemahaman dan pemerataan bahwa seperti inilah pesta nelayan yang sering dilakukan di Takalar secara umum. (K4/sar)

Sumber:
http://www.beritakotamakassar.com