Nelayan Gelar Pesta Ritual

Takalar - Para nelayan menggelar acara pesta ritual di Pantai Laguruda. Pesta ini guna menyambut sekaligus memberi semangat mereka yang akan melaut di bulan ini.

Cara dihadiri Wakil Bupati Takalar Drs H A Makmur A Sadda MM. Kehadirannya menambah semangat para nelayan. Makmur sempat naik perahu.

Saat ritual digelar, mereka memotong lima ekor ayam hitam sebagai tanda lima keselamatan. "Tanda lima keselamatna ini akan membawa manfaat yang lebih besar," ujar Mustafa, seorang nelayan yang ikut dalam pesta ritual itu.

Memasuki hari ketiga pesta nelayan ini kemarin, para nelayan terlihat berbenah untuk melaut. Keluarga nelayan menyiapkan peralatan dan persiapan makanan guna keperluan selama di laut. "Makanan itu sudah diberi doa yang merupakan rangkaian ritual," tutur Dg Nuntung.

Sementara para nelayan tahun ini bertambah. Belum lama ini, Dinas Perikanan dan Kelautan Pemprov Sulsel telah membantu dana Rp 3 miliar. "Kami harapkan dana itu digunakan untuk kesejahteraan para nelayan dan petani tambak di Takalar," jelas Kadis Perikanan dan Kelautan Sulsel, Syarifuddin Hamzah. ((K4))

Sumber:
http://www.beritakotamakassar.com