Pantai Jadi Objek Wisata Paling Diminati

Jayapura - Pada musim liburan sekolah saat ini, sejumlah pantai menjadi tempat wisata paling diminati masyarakat Kota Jayapura dan sekitarnya.

Beberapa pantai yang berada di wilayah Jayapura sebagian besar dipadati kalangan remaja yang merupakan siswa sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA).

Kebanyakan dari mereka para siswa itu melewatkan waktu liburan sekolah untuk berwisata di wilayah pantai secara berkelompok.

Beberapa remaja mengakui, senang berkunjung ke pantai karena pemandangannya lebih menarik dan dapat bersenang-senang sambil berenang, snorkeling atau sekadar bermain air.

"Saya suka main di pantai karena ramai dan pemandangannya tidak membosankan," ujar Theresia, seorang siswa SMA kelas XI.

Hal yang sama diungkapkan siswa lainnya, Deni yang menyatakan, senang berkunjung ke pantai daripada tempat liburan lainnya sebab dapat berkumpul bersama kelompok remajanya yang berjumlah puluhan.

"Pantai kan, tempatnya luas. Jadi, sangat cocok buat tempat kumpul-kumpul sambil main bola atau main gitar," tandasnya.

Sementara itu, pengunjung pantai lainnya yang cukup banyak adalah anak-anak berusia Taman Kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD). Mereka datang ke pantai ditemani orang tua atau anggota keluarga lainnya yang berumur dewasa.

Seorang ibu, Rosmiati mengatakan, sering mengajak anak-anaknya ke pantai karena tidak membutuhkan biaya besar. Selain itu, dia pun dapat bermain bersama anak-anak sehingga lebih banyak waktu untuk berinteraksi.

Secara geografis, Jayapura terletak di daerah teluk sehingga terdapat banyak pantai yang dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata yang menyajikan pemandangan menarik.

Selain itu, lokasi yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal masyarakat menjadikan pantai menjadi alternatif tempat liburan yang paling banyak diminati.

Pantai-pantai yang terdapat di Kota Jayapura adalah Pantai Teluk Yos Sudararso atau lebih dikenal dengan Pantai Dok II terletak dekat pusat Kota Jayapura. Pantai ini merupakan salah satu yang paling banyak dikunjungi masyarakat.

Ada pula Pantai Hamadi, Pantai Holthekamp, dan Pantai Amay yang letaknya agak jauh dari pusat kota. Namun demikian, sejumlah pantai ini juga menjadi pilihan tempat melewatkan liburan bagi masyarakat. (Ant/OL-02)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com