Menjual Wisata Kuliner Danau Teluk Gelam

Oleh Isom Basalam

DALAM surat pembaca harian Sriwijaya Post tanggal 3 Januari 2009 “Wisata Teluk Gelam Problem dan Solusinya” oleh Sirajuddin Sirodj, S.Sos dari Kabupaten Banyuasin antara lain disebutkan : · Pintu masuk lokasi Danau Teluk Gelam agar diupayakan menjadi dua pintu, pintu A masuk, dan pintu B keluar; · Menuju Pintu B keluar agar, ciri khas Kab. OKI (BENDE SEGUGUK) ditampilkan seperti makanan, kerajinan, dan kesenian dan pohon-pohon yang ada di sekitar danau ditata sedemikian rupa, di bawah pohon diupayakan selalu bersih, dan juga disediakan tepat-tempat istirahat baik berupa bangku-bangku atau alas tikar sambil menikmati suasana alam yang masih bersih.

Dari hal-hal di atas, sebagai putra daerah merasa terpanggil untuk mempromosikan dan mengembangkannya minimal setara dengan Aset-aset wisata lain di Sumatera Selatan.

Untuk kelompok makanan, Kalau Kab Ogan Ilir terkenal dengan Pindang Meranjat dan Pindang Pegagan, Kab. Mura terkenal dengan Pindang Musi Rawas, Kab. Lahat terkenal dengan Gulai Tempoyak, sedangkan Khas Kab OKI Gaungnya belum terdengar. Melalui tulisan ini saya menghimbau kepada pengelola untuk menyajikan masakan Belubuk-an Ikan Ruan yang dipadu dengan Ganggan Begelayan (Sejenis sayur asam) dilengkapi dengan sambal kemang serta lalapan yang terdiri dari petai, kemangi, dan bunga kunyit, silakan mencoba dan menikmati “SEDAP”.

Sementara untuk Suvenir, dilakukan pembinaan warga untuk membuat boneka, patung atau guci dari tanah liat; membuat dompet, tas, hiasan dinding dan sejadah dari Purun. Semua produk diberi label BENDE SEGUGUK Danau Wisata Teluk Gelam.

Masukan bidang Kesenian, dilakukan penyambutan tamu wisata baik lokal maupun domestik yang harus kita tonjolkan tari-tarian tradisional seperti Sekapur Siri, tari Tanggai dan lain sebagainya. Untuk ini menjadi kewajiban para pemuka adat, baik tingkat Kabupaten maupun tingkat Kecamatan untu menggali sumber-sumber seni dalam masyarakat sesuai dengan adat dan agama, sehingga setiap langkah dan tindakan menjadi terukur.

Saran lainnya, untuk setiap kendaraan dinas Kab OKI dipasang stiker bertuliskan Danau Wisata Teluk Gelam, Sepanjang 500 meter dari lokasi Danau Teluk Gelam dipasang spanduk-spanduk dari arah Palembang dan Mesuji dengan tema “ANDA MEMASUKI KAWASAN WISATA TELUK GELAM”.

Bedakan tiket antara pengunjung dengan pemegang kendaraan, pada pintu masuk (A) potongan tiket pemegang kendaraan diserahkan kepada petugas pintu keluar (B). Penduduk local KTP Kab. OKI diberikan diskon 50% dari harga tiket.

Isom Basalam

Jl. KH Balqi Banten Raya

No. 343 16 Ulu Palembang

Telp. 0711-511851