Festival Budaya Danau Sentani Digelar 19-23 Juni

Festival Budaya Danau Sentani kembali akan digelar pada 19-23 Juni 2009 di Pantai Khalkote, Kampung Ohei, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. Penyelenggaraan festival yang tahun ini untuk kedua kalinya itu untuk mendukung program Visit Indonesia Year (VIY) 2009 dengan target kunjungan 6,5 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan 226 juta wisatawan nusantara (wisnus).

Menurut panitia penyelenggara dalam jumpa pers di gedung Sapta Pesona Jakarta, Selasa (2/6) tujuan penyelenggaraan Festival Budaya Danau Sentani untuk melestarikan nilai-nilai budaya masyarakat setempat, merekatkan rasa persatuan dan kesatuan di antara kampung adat (ondoafi), serta menjadikan sebagai atraksi dan daya tarik dalam kegiatan kepariwisataan yang pada akhirnya akan mensejahterakan masyarakat. Melalui kegiatan festival ini ingin menjadikan Jayapura sebagai kota budaya dan pariwisata.

Festival Budaya Danau Sentani 2009 akan menampilkan tiga acara utama yakni; menari di atas perahu yang diikuti sekitar 1.040 peserta dari 26 kampung adat (Ondoafi), berperang di atas perahu diikuti 600 peserta dari 20 ondofi, dan parade di atas perahu dan di darat serta upacara sakral masyarakat Sentani. Sebanyak 24 ondoafi dari sekeliling Danau Sentani, 19 distrik dan ondoafi Kabupaten Jayapura dan 10 Kabupaten dari Provinsi Papua, serta organisasi kebudayaan kerukunan etnis yang ada di Papua ambil bagian dalam festival ini.

Menbudpar Ir. Jero Wacik, SE mengatakan, Festival Budaya Danau Sentani selain menjadi wahana dalam melestarikan nilai-nilai budaya masyarakat setempat juga telah menjadi atraksi wisata budaya yang menarik bagi wisatawan untuk datang Provinsi Papua. Festival Budaya Danau Sentani merupakan kegiatan wisata budaya yang berbasis masyarakat. Event ini untuk melestarikan nilai-nilai budaya lokal dan menjadi daya tarik wisata yang pada akhirnya akan mensejahterakan masyarakat, kata Menbudpar Jero Wacik.

Menurut Dirjen Pemasaran Depbudpar DR.Sapta Nirwandar, pada Festival Budaya Danau Sentani pertama pada Juni 2008 yang dibuka Menbudpar Jero Wacik dan telah berjalan sukses, Depbudpar memfasilitasi dengan mempromosikan melalui event pariwisata internasional seperti di Pata Mart dan ITB Berlin, Jerman. Tahun ini kita promosikan dalam event Gebyar Wisata Nusantara (GWN) sekaligus untuk mendorong program Kenali Negerimu Cintai Negeri (KNCN). Kabupaten Jayapura merupakan satu di antara sembilan kabupaten tertua di Papua. Memiliki beraneka ragam potensi wisata alam, budaya, dan peninggalan sejarah. Kawasan wisata Danau Sentani menjadi salah satu prioritas pengembangan kawasan wisata unggulan Kabupaten Jayapura, dengan menonjolkan tirta (air) dan lingkungan hidup sebagai obyek utamanya.

Sumber: http://www.budpar.go.id