Museum Nasional Bisa Jadi Simbol Pusat Kebudayaan

JAKARTA-MI: Museum Nasional Jakarta yang memiliki 141.000 benda koleksi bersejarah siap menjadi 'icon' (simbol) pusat kebudayaan nasional di Indonesia.

"Museum Nasional bisa menjadi pusat kebudayaan Indonesia karena memiliki ruang publik yang dapat mencerminkan indentitas diri," kata Humas Museum Nasional Ferlian Putra di Jakarta, Jumat (19/6).

Ia megatakan, arah pengembangan Museum Nasional sebagai salah satu ikon pusat kebudayaan nasional yaitu museum tidak hanya sebagai tempat untuk mengumpulkan, merawat dan melestarikan benda cagar budaya.

Tetapi museum juga sebagai institusi yang melayani masyarakat yang sifatnya rekreasi dan edukatif serta sebagai pendukung citra budaya bangsa, tempat tujuan wisata dan pembelajaran tentang masalah kebudayaan.

Untuk mempertahankan ikon tersebut tentunya Museum Nasional selalu berbenah diri baik masalah manajemen maupun penyajian koleksi museum.

Salah satu tugas pokok museum adalah menyelenggarakan penyajian pameran karena pameran adalah salah satu cara untuk mengomunikasikan suatu gagasan yang berhubungan dengan koleksi kepada masyarakat.

Jumlah pengunjung Museum Nasional tercatat pada 2008 sebanyak 158.739 orang yang terdiri atas wisatawan manca negara 14.547 orang, wisatawan nusantara 41.281 orang, anak sekolah 65.880 orang dan sisanya umum.

Museum Nasional yang berdiri pada 24 April 1778, hingga kini terus berbenah untuk menjadi ikon pusat kebudayaan nasional. (Ant/OL-7)
Sumber : http://www.mediaindonesia.com/