Danau Paniai


Pemerintah Kabupaten Paniai, Provinsi Papua sedang menata Danau Paniai untuk dijadikan sebagai salah satu objek wisata andalan di kawasan pedalaman Pegunungan Tengah Papua.

Bupati Paniai Naftali Yogi di Jayapura mengatakan, Danau Paniai yang terdiri dari Danau Tigi dan Danau Tage itu kondisinya masih alami sehingga terus dijaga agar tidak tercemar akibat laju pembangunan di daerah ini.

Dikatakannya, untuk memudahkan akses transportasi ke danau, pihaknya sedang membangun jalan-jalan tembus dari Kota Enarotali, Ibu Kota Kabupaten Paniai ke distrik-distrik maupun jalan antarkabupaten.

Jalan antarkabupaten yang sementara dibangun itu antara lain dari Kabupaten Paniai ke Kabupaten Nabire, Kabupaten Puncak Jaya dan ke Kabupaten Mimika.

Bupati Yogi berharap setelah pembangunan jalan antarkabupaten ini maka akan memudahkan wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk berkunjung ke Danau Paniai yang panoramanya sangat indah ini.

Ia mengatakan, pihaknya juga sedang berupaya membangun tempat-tempat penginapan yang memadai di ibukota kabupaten Paniai sehingga bisa ikut menarik wisatawan untuk bisa berlama-lama tinggal di kabupaten ini.

Bupati putra asli Kabupaten Paniai itu mengakui, saat ini tempat-tempat penginapan maupun hotel yang ada di daerahnya masih sangat terbatas sehingga perlu segera dibangun.

Danau Paniai terletak di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut sehingga udaranya sangat dingin, namun di dalam danau tersebut terdapat berbagai jenis ikan air tawar, termasuk ikan pelangi yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

“Kabupaten ini memiliki 21 Distrik, 170 kampung dengan jumlah penduduk 232.000 jiwa dengan beraneka budaya yang sangat unik dan masih tradisional,” demikian Bupati Naftali Yogi. (Ant/OL-03)

Sumber : http://www.koranindonesia.com
Photo : http://tatogo.files.wordpress.com