Danau Situ Gede


Situ Gede salah satu obyek wisata di Kota Bogor yang berlokasi di Kelurahan Situ Gede Kecamatan Bogor Barat, Minggu (30/12) siang menjadi pusat perhatian masyarakat dari berbagai daerah. Mereka sengaja datang ke Situ Gede untuk berpartisipasi dalam lomba mancing menyambut datangnya tahun baru 2008. Tidak kurang 400 peserta yang datang dari Bogor, Jakarta, Tengerang, Depok dan Cianjur ikut ambil bagian dalam lomba yang baru pertama kalinya di gelar dilokasi obyek wisata air ini.

Lomba mancing yang dibuka resmi Walikota Bogor H. Diani Budiarto mendapat sambutan antusias para penggemar mancing, Apalagi, hadiah yang disediakan oleh panitia cukup menjanjikan, yakni tiga unit sepeda motor, Televisi, dan sejumlah hadiah hiburan lainnya. Dengan membayar uang pendaftaran sebesar Rp 300 ribu per lapak, para peserta berupaya mengail ikan sebanyak-banyaknya yang telah ditebar oleh pihak panitia. “ Ikan yang kami tebar sebanyak 4 ton ikan mas ditambah 150 ekor ikan lele dan pantin, “ ujar H. M Suganda Ketua Panitia pelaksana lomba

Menurut Suganda, pihaknya sengaja menggelar lomba mancing dengan mengundang peserta dari berbagai daerah sekitar Bogor selain sebagai ajang silaturahmi dalam menyambut datangnya tahun baru, juga untuk memperkenalkan obyek wisata Situ Gede. “ Melalui kegiatan pemancingan akhir tahun diharapkan akan lebih memberdayakan potensi sumber daya alam yang ada dengan konsep pengenalan wisata Situ Gede, “ ungkapnya

Suganda yang juga selaku Ketua Pengelola Situ Gede mengatakan, dengan konsep memperkenalkan Situ Gede melalui lomba mancing diharapkan ada kontribusi pemasukan dari aspek material yang akan digunakan untuk merawat lokasi wisata yang berwawasan lingkungan.

Dijelaskan, bahwa lomba memancing akhir tahun ini akan digelar selama tiga hari sampai 1 Januari 2008. Sebetulnya, untuk memperkenalkan Situ Gede telah pula kami lakukan rutin setiap tahun menjelang bulan puasa melalui acara “Ubek Setu” (mengambil ikan beramai-ramai terjun ke danau), katanya.

Sementara itu Walikota Bogor H. Diani Budiarto mengatakan, lomba memancing ikan diharapkan menjadi agenda rutin setiap tahun dengan tujuan untuk melestarian aset alam yang dimiliki oleh Kota Bogor. “ Kami berharap melalui kegiatan ini akan menumbuhkan kesadaran untuk melestarian alam kita miliki, “ pintanya.

Diani juga meminta kepada Camat Barat dan Lurah Situ Gede bersama dengan seluruh komponen masyarakatnya untuk terus memelihara Situ Gede sehingga bisa bermanfaat bagi kesejahtaraan masyarakat. “ Kalau Situ Gede sudah kering dan kotor tidak akan ada lagi orang berkunjung, Karena itu perlu terus dipertahankan kelestariannya, “ tandas Diani.

Sekilas Situ Gede
Danau Situ Gede yang luasnya sekitar 3 hekter ini dikelola oleh masyarakat kelurahan Situ Gede. Fasilitas wisata yang dimiliki Situ Gede berupa perahu bebek-bebekan. “ Kami memiliki 4 buah perahu bebek-bebekan, dan satu perahu dayung, “ ujar pengelola Situ Gede H. M. Suganda.

Menurut Suganda, dari 4 perahu yang dimiliki, dua diantaranya bantuan Gubernur Jawa Barat H. Danny Setiawan. “ Sebetulnya, Pak Gubernur pada hari air sedunia yang dipusatkan di Situ Gede telah menjanjikan akan membantu 5 unit perahu bebek-bebekan, Tapi, kenyataannya bantuan yang turun hanya dua unit saja yang disampaikan melalui PSDA,” imbuhnya.

Pada hari–hari tertentu dan hari libur Situ yang berlokasi di tengah perkebunan Cifor ini tidak pernah sepi pengunjung. Para pengunjung menikmati wisata air ini berkeliling ditengah-tengah danau dengan mengunakan perahu bebek-bebekan.(iso)

Sumber : http://www.kotabogor.go.id
Photo : http://2.bp.blogspot.com