Museum Gedong Arca


Museum Gedong Arca merupakan Museum Purbakala yang terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Belahbatuh, Kabupaten Gianyar. Pendirian Museum Gedong Arca dirintis pada tahun 1958-1959 oleh Dr R.P. Soejono sebagai Kepala Kantor Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional Cabang II Gianyar dan sebagai realisasi pendiriannya pada tanggal 14 September 1974 Museum Gedong Arca ini diresmikan oleh Gubernur Bali yang dijabat oleh Bapak Sukarmen. Museum Gedong Arca ini berfungsi untuk mengumpulkan, menyimpan, merawat, melestarikan dan mengkomunikasikan benda-benda purbakala meliputi wilayah Bali dan Lombok yang berlokasi di Bedulu Gianyar.

Bangunan-bangunan Museun
Museum Gedong Arca yang dibangun di atas tanah seluas 2.564 m2 di desa Bedahulu Gianyar ini merupakan tonggak penting dalam sejarah pelestarian peninggalan purbakala yang meliputi wilayah Propinsi Bali, NTT dan NTB, sehingga museum ini memiliki nilai histories yang sangat tinggi.

Secara umum Museum Gedong Arca terbagi dalam tiga zone yaitu zone Gedung Kantor, zone Gedung Arca dan Balai Penyelamatan Benda-benda Purbakala. Kantor pengelola berada dalam areal dengan letak paling selatan dari site bangunan museum. Bagian tengah adalah komplek Gedung Arca yang terbagi dalam tiga halaman dan paling utara adalah Balai Penyelamatan Benda-benda Purbakala.

Tiga halaman Gedong Arca yang disesuaikan dengan pembagian halaman pura di Bali yaitu halaman luar, halaman tengah dan halaman dalam. Halaman luar terdapat tiga buah bangunan yaitu wantilan, tempat penjualan tiket dan bale kulkul. Pada halaman tengah terdapat lima buah bangunan, dimana satu bangunan berada ditengah dan empat bangunan berada di empat sudut halaman. Gedung pada halaman tengah digunakan untuk ruang pameran dan salah satu gedung difungsikan sebagai gudang. Pada bagian halaman dalam ditengah-tengah terdapat sebuah kolam dan taman berbentuk segi empat. Pada halaman dalam terdapat tujuh buah bangunan yang dipergunakan untuk pameran tetap dan tempat suci.

Koleksi Museum
Koleksi Museum Gedong Arca adalah benda-benda purbakala yang berasal dari seluruh Bali. Benda-benda koleksi diperoleh dengan cara mengadakan penggalian di lapangan. Koleksi yang terdapat di museum ini adalah benda-benda yang berasal dari masa prasejarah dan sejarah. Jenis benda koleksinya antara lain alat-alat rumah tangga, alat-alat untuk berburu, menangkap ikan, bercocok tanam, alat untuk keperluan kepercayaan dan agama.

Koleksi Museum Gedung Arca yang lainnya berupa : Paleolitik, Mesolitik, Neolitik, Petundagian, Sarkopagus, Stupika Tanahliat, Benda Perunggu, Meterai Tanah liat, Lingga, Arca Dwara Pala, Replika, Keramik, Periuk.

Lokasi Museum
Jalan Raya Tampaksiring
Telp. (0361) 942947 Fax. (0361) 942354

Transportasi
Jarak tempuh dari Bandar udara : 40 Km
Jarak tempuh dari Pelabuhan Laut : 152 Km
Jarak tempuh dari Terminal Bus : 20 Km

Jadwal Kunjung
Museum dibuka setiap hari Senin s.d. Minggu

Senin s.d. Kamis : Pukul 08.00 s.d. 15.00
Jum'at : Pukul 08.00 s.d. 12.30
Sabtu s.d. Minggu : Pukul 08.00 s.d. 14.00

Harga Karcis Masuk
a. Dewasa : Rp. 5.000,-
b. Anak-anak : Rp. 3.000,-

Fasilitas
Luas Tanah / Luas Bangunan : 5.165 m2 / m2
- Ruang Pameran Tetap
- Ruang Penyimpanan Koleksi
- Ruang Administrasi
- Audio Visual
- Toilet

Organisasi
Jumlah Pegawai 11 orang
- Preparatory/Tata Pameran : 4 orang
- Bimbingan Edukasi : 3 orang
- Administrasi : 2 orang
- Cleaning Service : 2 orang

Sumber :
http://kevinabali.wordpress.com
http://www.museum-indonesia.net

Photo : http://www.7junipers.com