Wisman Malaysia dan Singapura Keluhkan Bandara Bandung

Pradipta Nugrahanto - detikBandung

Bandung - Wisatawan mancanegara (wisman) dari Malaysia dan Singapura menjadikan Bandung sebagai salah satu tujuan wisata favorit. Meski mengaku cukup nyaman di Bandung, namun mereka mengeluhkan bandara di Bandung.

Akim Anan, Dirut STA Holiday Kualalumpur mengatakan banyak orang Malaysia yang ingin datang ke Bandung. "Umumnya mereka ingin shopping dan golf," ujarnya di sela-sela Jabar Travel Exchange 2009 di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang 45, Rabu (13/5/2009).

Kota Bandung, menurutnya cukup nyaman. Orang-orangnya pun ramah dan makanannya bisa dipastikan halal. Hal senada juga dikatakan Henry Soong dari Kent Holiday Singapura.

"Bandung memiliki budaya yang bagus. Orang-orangnya pun ramah dan objek wisatanya pun cukup banyak. Ditambah makanan yang enak," katanya.

Peluang warga Singapura untuk datang ke Bandung, menurutnya makin terbuka lebar saat ini karena dibukanya jalur penerbangan Singapura-Bandung.

Sayangnya, kata dia, kondisi bandara Bandung yang kecil dan pelayanannya yang lama, membuat wisatawan Singapura harus mendarat di Jakarta lalu melakukan perjalanan darat menuju Bandung. "Itu membuang waktu dan melelahkan," protes Henry.

Keluhan yang sama juga disampaikan Akim. Menurutnya selain bandara, infrastruktur menuju tempat wisata pun banyak yang rusak, seperti jalan yang berlubang.

"Ada pengalaman, turis saya sedang jalan kaki di Bandung dan hampir terjatuh karena terposok ke dalam lubang," kisah Akim.

Terkait soal isu flu babi yang masuk ke Bandung, Akim mengaku tak memberitahukan kliennya. Sebab, menurutnya rakyat Malaysia memang tengah ketakutan dengan isu flu babi yang akhir-akhir ini marak di beberapa negara.

"Terkait isu kemarin, saya sendiri merahasiakan itu pada klien," katanya yang mengaku tahun lalu membawa 200 turis Malaysia ke Bandung.

Sementara itu, Henry dari Singapura mengaku tak tahu soal isu flu babi yang masuk Bandung. Sebagian warga Singapura, diakuinya memang cukup was-was dengan isu flu babi yang merebak di beberapa negara Eropa.

"Tapi saya janji akan membaw turis Singapura sebanyak-banyaknya ke Bandung," katanya.

Sumber: http://bandung.detik.com