Waduk Darma Tetap Jadi Obyek Wisata Cirebon

Cirebon - Waduk Darma, sekitar enam kilometer arah selatan Kuningan, hingga kini tetap menjadi tempat wisata andalan Kabupaten Kuningan, karena selain dekat dengan kota juga menyajikan panorama dan tempat bersantai.

"Waduk darma selain sebagai objek wisata alam, juga pengunjung dapat bersantai sabil memancing," kata kepala Humas Pemda Kabupaten Kuningan Lilik Suhari yang dihubungi di Kuningan, Kamis.

Menurut dia, kondisi waduk tersebut sampai kini lumayan bagus kendati perlu perbaikan.

Guna menjaga kondisi bagunan waduk, kini dibangun jalan lingkar agar kendaraan besar tidak menggunakan jalan yang ada diatas bangunan waduk tersebut.

"Mudah-mudahan jalan lingkar tersebut bisa difungsikan tahun ini juga, sehingga ruas jalan Kunigan-Ciamis diatas bagunan waduk bisa dialihkan," katanya.

Kapasitas waduk darma yang dibangun lebih 50 tahun lalu itu 39 juta meter kubik dan pernah mencapai 54 juta meter kubik.

Karena letaknya strategis di perlintasan jalan Kuningan-Ciamis, memungkinkan wisatawan berkunjung ke daerah itu setiap waktu, katanya.

Bagi wisatawan yang igin berlibur di sana tersedia juga tempat penginapan "Cottage Waduk Kuningan" atau menginap di hotel di sekitar waduk itu.

Waduk Darma merupakan satu dari beberapa objek wisata adalan Kuningan, seperti seperti Cibulan di Desa Manis Kidul dan Pemandian Air Panas Subang di dusun Kliwon.

Sumber: http://www.wahanaindonesia.com