Parsi Sumsel Garap Film Kesultanan Palembang

Palembang - Persatuan Artis Sinetron Sinetron Indonesia (Parsi) Sumatera Selatan akan menggarap film mengenai Kesultanan Palembang Darussalam. Film ini menceritakan soal sejarah Kesultanan Palembang Darussalam terbentuk beserta dengan romantik perjuangan dan perlawanan rakyat Palembang menghadapi kekuatan asing atau musuh.

Ketua Parsi Sumsel Martha Zeint, Jumat (19/06) mengatakan rencana pembuatan film sejarah Kesultanan Palembang Darussalam ini sudah didukung Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin, serta sejumlah pengusaha muda seperti Marta Edison, Wira Tama Yudha dan Ferdi Ali Gafur.

"Film ini merupakan film pertama mengenai Kesultanan Palembang Darussalam. Lantaran ini film kolosal, penggarapannya membutuhkan waktu yang panjang, dan tentu saja biaya yang cukup besar," lanjutnya.

Oleh karena itu, Martha mengharapkan pemerintah di Sumatra Selatan mampu memberikan dukungan anggaran penggarapan film ini.

"Sumatera Selatan ini alamnya kaya juga sejarah budaya, masak tidak mampu membuat sebuah film yang menjelaskan kebesaran dirinya itu. Daerah lain yang tidak begitu kaya saja mampu melakukannya," kata Martha.

Rencananya film ini akan disutradarai seniman Palembang Jaid Saidi, dengan melibatkan sejumlah aktor berasal dari Palembang, baik sudah eksis di nasional maupun di lokal.

"Semuanya hasil karya anak Palembang," katanya.

Sumber: http://www.sripoku.com