Lima Negara Surga Cokelat


Penulis : Adinda Putri

ANDA termasuk penggemar cokelat? Pernahkah terpikirkan Anda pergi liburan ke negara-negara yang terkenal akan kelezatan dan keanekaragaman jenis cokelatnya? Ternyata ada lima negara yang dianggap sebagai surganya cokelat. Simak liputannya.

1. Flanders, Belgia
Penduduk Belgia sangat mencintai cokelat, sama seperti mereka yang banyak mencintai bir. Orang Belgia sangat bangga dengan kualitas dan inovasi cokelatnya dan khusus wilayah Flanders, mereka termasuk paling imajinatif dalam kreasi cokelat.

Tengok saja museum Hans Buries̢۪s flamboyant hasil kreasi Antwerp dan Laurent Gerbaud Orient yang terinspirasi dari Brussels di mana Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan produksi cokelat.

2. Ghana
Sebagai pencinta cokelat, Anda pasti pernah mengunyah cokelat Dairy Milk dan sering membaca dalam kemasannya nama Tetteh Quarshie. Pernahkah Anda berpikir siapakah Tetteh Quarshie? Dia adalah orang yang menanam benih kakao untuk pertama kalinya di Ghana yang hingga saat ini industri pertanian kakao di sana menjadi eksportir utama pada abad ke 20.

Jika Anda berkesempatan ke Ghana, jangan lewatkan untuk mengunjungi pabrik kakao pertama di peternakan Quarshie. Di sana Anda dapat belajar tentang produksi cokelat di Cocoa Research Institute, Tafo, dekat Koforidua.

3. Swiss
Bangsa yang terkenal dengan kekompakannya ini memiliki per-kapita tertinggi konsumsi cokelat di dunia dan telah melahirkan beberapa pembuat cokelat paling terkenal, seperti Lindt, Nestle, Toblerone Suchard.

Untuk menyenangkan pengunjung pabriknya, pihak Nestle paling sering memberikan cokelat secara gratis untuk dibawa pulang pengunjung dengan jumlah yang sangat banyak.

Cokelat yang dibuat dengan tangan atau yang akrab disebut cokelat praline dijual di salah satu gerai bernama Sprungli. Sprungli sendiri merupakan perusahaan yang telah menghasilkan kakao sejak tahun 1836.

4. Venezuela
Warga Venezuela pada umumnya telah mengetahui bahwa jenis kakao terbaik dan terlangka adalah criollo yang berisi campuran antara vanila, karamel dan kacang-kacangan.

Venezuela dan khususnya Semenanjung Paria memang terkenal sebagai 'Chocolate Coast' di mana criollos, chuao dan porcelana berasal dan paling banyak dicari. Cokelat terbaik adalah yang tumbuh di peternakan seperti Hacienda Bukare. Di sana Anda dapat dengan bebas mengunjunginya dan yang lebih penting Anda akan diberikan cokelat gratis.

5. Paris, Prancis
Untuk para chocoholics (sebutan untuk penggemar cokelat) jika Anda ke Paris, seakan telah berada di surga. Lakukan kunjungan ke salah satu toko bernama Robert Linxe's Maison du Chocolat dan dijamin Anda tidak akan berhenti meneteskan air liur.

Setelah lelah melihat dan membeli cokelat di sana, istirahatlah di sebuah kafe cokelat, Chez Angelina, sebelum Anda membooking kelas memasak kakao di Lenotre Culinary School.

Jangan sampai ketinggalan juga untuk melakukan tur secar gratis ke pabrik Nestle di Paris. Ingin sensasi lainnya, datanglah ke Salon du Chocolat Festival, di sini Anda akan melihat demonstrasi, fashion show beserta patung-patung yang semua bahannya dari cokelat. (*/OL-5)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com