Pantai Wisata Lombang – Lombang di Kota Mamuju


Sebuah pantai yang masih alami dan asri di kota Mamuju adalah salah satu daerah wisata yang amat digemari masyarakat di sana. Pantai yang disebut Pantai Wisata Lombang-Lombang ini adalah salah satu yang sering diperkenalkan oleh masyarakat di sana apabila pengunjung datang ke kota ini.

Pantai ini memang belum digarap oleh resorts wisata atau pemerintahan, tetapi nampaknya berpotensi menjadi daerah wisata yang menjanjikan. Dengan banyaknya pohon bakau yang besar dan unik yang menciptakan suatu pemandangan yang amat menakjubkan dan dapat Anda abadikan.

Mamuju adalah kota kecil yang berada di Sulawesi Barat.Kabupaten Mamuju berada di pesisir pantai Barat Sulawesi, letaknya sangat strategis karena merupakan pintu gerbang segi tiga yang menghubungkan Propinsi Sulawesi Selatan-Sulawesi Tengah-Kalimantan Timur, sehingga daerah yang luasnya 11.057,81 km2 (sebelum dimekarkan) dijuluki kawasan segitiga emas. Kabupaten Mamuju memiliki kekayaan alam yang luar biasa, khususnya sektor pertanian yang meliputi sub sektor perkebunan, kehutanan, perikanan dan peternakan. Diantara populasi ternak yang berkembang di Kabupaten Mamuju adalah ternak sapi, kerbau, kambing dan domba. Sedangkan untuk jenis unggas adalah ayam ras, ayam buras dan itik.

Kabupaten Mamuju memiliki garis pantai terpanjang di Sulawsi Selatan, yaitu sekitar 415 Km yang tersebar di 48 desa dalam 13 wilayah kecamatan dan menjadi salah satu potensi daerah ini. Produksi perikanan laut di kabupaten Mamuju sebanyak 30.000 ton, belum termasuk hasil tambak yang luasnya berkisar 22.950 ha serta rawa bakau seluas 10.241 ha. Selain itu juga dilakukan pengembangan budidaya laut berupa rumput dan teripang. Untuk tambak yang dikembangkan adalah udang dan ikan bandeng.

Produksi tanaman perkebunan di Kabupaten Mamuju dengan curah hujan yang merata, menjadikan daerah ini tepat untuk pengembangan kelapa sawit, kelapa dalam/hibrida, kakao, kopi arabika/robusta, kemiri, vanili, sagu dan lada.Yang dijadikan unggulan adalah kelapa sawit, kakao, kelapa dalam/hinrida dan kemiri. Daerah ini juga menjadi sentra produksi kelapa sawit terbesar di Sulawesi Selatan.

Selain kelapa sawit dan kakao yang menjadi komoditas dikabupaten Mamuju, daerah ini juga penghasil aneka macam buah-buahan. Salah satunya yang tengah dikembangkan secara besar-besaran petani di bumi Manakarra (amanah yang bertuah) ini adalah jeruk manis. Produksi jeruk manis di Kabupaten Mamuju mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Di pelabuhan Belang-belang misalnya, sekitar 200 ton jeruk manis asal mamuju secara rutin dikirim PT Ganda Dewata ke Jakarta setiap bulannya, belum termasuk jeruk manis yang diantar pulaukan ke Kalimantan melalui pelabuhan Feri.

Wisata Pantai Lombang-lombang
Pantai wisata Lombang-lombang berjarak 30 kilometer dari kota Mamuju. Pantai yang dikelola secara bersama-sama oleh pemerintah dan masyarakat setempat ini memang cukup bersih dan terbebas dari onggokan sampah. Karena dianggap masih asri itulah, pada hari Minggu atau hari libur lainnya, pantai ini biasanya dipenuhi oleh wisatawan lokal yang ingin menghabiskan liburan mereka dengan menikmati panorama pantai.

Keistimewaan
Pantai Lombang-lombang sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menyegarkan pikiran. Sebab, di pantai ini wisatawan dapat merasakan suasana alami yang mungkin tidak ditemukan di pantai lain. Di pantai ini wisatawan dapat menyusuri hamparan pasir hitam halus sepanjang kurang lebih 5 kilometer dengan lebar rata-rata 50 meter. Dengan areal seluas itu, para pengunjung dapat leluasa melakukan berbagai aktivitas di tepi pantai, seperti bermain pasir, bermain voli atau sepak bola, atau sekedar duduk-duduk santai. Lokasi pantai yang bersih dan ombaknya yang tak begitu besar membuat pantai ini juga cocok untuk mereka yang menyukai olahraga renang maupun menyelam (snorkeling). Namun, bagi yang belum mahir berenang tetapi tetap ingin bermain air, Anda dapat memanfaatkan persewaan ban pelampung yang banyak disediakan di pantai ini.

Usai berolahraga atau bermain-main di pantai ini, wisatawan dapat duduk mengobrol atau sekedar menikmati indahnya deburan ombak di gazebo-gazebo yang disediakan oleh pengelola pantai. Suasana alami dan menyegarkan ini niscaya dapat mengendorkan urat-urat syaraf Anda setelah beberapa hari bekerja. Gazebo ini memang sengaja dibangun menghadap ke laut supaya pengunjung dapat menyaksikan pesona pesisir barat Pulau Sulawesi, terutama saat menjelang matahari terbenam (sunset). Jika mengajak keluarga dan menginginkan tempat yang lebih luas, wisatawan dapat menyewa balai yang terbuat dari bambu dengan atap dari rumbia. Di balai yang eksotis ini wisatawan dapat bersantai sambil menikmati ikan bakar bersama-sama keluarga.

Jika sedang ada event, wisatawan dapat pula menyaksikan pertunjukan musik atau pertunjukan seni lainnya secara gratis. Pengelola pantai memang menyediakan sebuah panggung dengan ukuran yang cukup besar untuk keperluan pementasan seni tersebut. Hanya saja, sampai saat ini pertunjukan kesenian itu belum bisa digelar secara rutin.

Akses
Untuk menuju kota Mamuju, wisatawan dapat menempuh perjalanan dengan pesawat udara dari berbagai kota besar di Indonesia menuju Bandara Hasanuddin di Makassar. Dari bandara ini wisatawan dapat melanjutkan penerbangan menuju Bandara Mamuju, atau memilih perjalanan darat dengan menyewa mobil. Sebab, jadwal penerbangan Makassar-Mamuju memang terbilang sepi dan dalam sehari biasanya hanya melayani satu kali penerbangan. Nah, dari kota Mamuju, wisatawan dapat menggunakan angkutan umum atau mobil sewaan untuk menuju Pantai Lombang-lombang dengan waktu tempuh sekitar setengah jam perjalanan.

Akomodasi dan Fasilitas Lainnya
Wisatawan yang ingin bermain air dan memerlukan ban pelampung dapat menyewa kepada para pengelola pantai dengan harga Rp 5.000 per buah. Apabila ingin menyewa sebuah balai dari bambu untuk istirahat, para pengunjung harus mengeluarkan uang sebesar Rp 25.000 untuk sewa satu bilik balai. Namun, jika memerlukan penginapan, para pelancong bisa mendapatkan hotel dengan berbagai tipe di kota Mamuju. Di kota ini wisatawan juga dapat mencari berbagai souvenir maupun buah segar khas kota Mamuju, yaitu jeruk manis Mamuju.

Sumber :
http://vibizlife.com
http://1indonesia.blogspot.com