Pantai Mutun


Lampung mempunyai banyak tujuan wisata dimana salah satu tempat yang potensial untuk menjaring banyak wisatawan adalah wisata pantainya. Sebut saja misalnya pantai pasir putih dan pantai kalianda yang menjadi lokasi favorit wisatawan domestik dan selalu ramai dikunjungi warga lampung dan sekitarnya saat akhir pekan atau saat musim liburan.Selain kedua pantai tersebut, masih banyak sebetulnya pantai – pantai yang relatif masih perawan yang tidak kalah indah dari pantai kalianda dan pantai pasir putih itu. Salah satunya adalah Pantai Mutun yang terletak tidak jauh dari pusat Kota Bandar Lampung. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 20 - 30 menit untuk mencapai pantai ini dengan mengendarai mobil ataupun sepeda motor. Apalagi, jalan raya menuju kawasan ini terbilang mulus. Pemandangan sepanjang jalan menuju Pantai Mutun ini juga sayang untuk dilewatkan. Keindahan hijaunya pepohonan, sawah dan pegunungan dapat kita nikmati sepanjang perjalanan.Pantai Mutun. Pantai ini letaknya tidak jauh dari kota. kurang lebih 25 km arah barat daya dari kota Bandar Lampung tepatnya Pantai Mutun ada di daerah Kabupaten Pesawaran,. Kondisi jalan menuju lokasi, masih berupa aspal mulus dan sepanjang perjalanan tersaji pemandangan yang cukup indah untuk dinikmati. Letak pantai ini sendiri berada di sebelah kiri dari jalan utama.

Jalan untuk menuju ke pantai dari jalan utama, belum begitu bagus. Jalan yang ada terbuat dari tanah dengan batu-batuan kasar, jalan rusak ini tidak terlalu jauh yakni hanya kira-kira sekitar 1 km. Untuk masuk ke lokasi Pantai Mutun pengunjug dikenakan biaya sebesar Rp.3.000,-/orang, anak-anak gratis. Dan untuk mobil dipungut Rp. 5000,-, boleh dibilang masih cukup murah sebagai uang tiket tempat wisata Suasana pantai disaat akhir pekan sangatlah padat, banyak orang yang menikmati pantai tersebut dengan berenang, untuk yang tidak bisa berenang bisa menyewa ban / pelampung atau melakukan olahraga air seperti bermain kano. Dengan biaya sewa sekitar Rp10 ribu - Rp20 ribu saja per kano, kita bisa menikmati olahraga. Banyak juga diantara pengunjung yang bersnokeling di laut sekitar pantai.

Hamparan pantai berpasri putih dengan laut biru berombak tenang tampak mendominasi objek wisata ini. Suatu kombinasi warna yang jarang. Di pantai ini, oleh penduduk setempat disediakan tempat-tempat yang disewakan untuk istirahat para pengunjung.

Penduduk setempat juga menyediakan fasilitas lainnya seperti toilet umum, setiap pengunjung dipungut Rp. 2.000,-/orang kalau mandi, sedang untuk buang air kecil Rp.1.000,-/orang.

Di Pantai Mutun banyak juga yang berjualan seperti warung bakso dan makanan ringan serta soft drinks.. Ada juga pedagang rujak buah keliling, pedagang otak-otak dan pedagang es krim.

Selain itu ada usaha penyewaan perahu cano yang tarifnya Rp.. 10.000,-/Cano kecil , Rp. 15.000,-/Cano besar selama 1 jam dan ban renang buat anak-anak yang mau berenang Rp 5.000,-/ban, lalu ada jasa pengantaran wisata ke Pulau Tangkil dengan perahu, jenisnya perahu sampan, yang bisa memuat 10-15 orang, jasa pengantaran PP Rp. 5.000,-/orang, buat anak-anak kecil ongkos 1 tiket untuk 2 anak.

Di Pantai Mutun ada sebuah pulau kecil, pulau tersebut bernama Pulau Tangkil. Bagi pengunjung yang berminat untuk menyeberang ke Pulau Tangkil, tersedia perahu-perahu yang siap mengantarkan, pengunjung dipungut bayaran cukup dengan uang Rp. 5000,-/orang dewasa untuk anak-anak Rp. 5000,- 2 orang dan akan diantarkan kepulau tersebut. Lama menyebrang ke pulau hanya memakan waktu 10 menit, saat memasuki ke pulau kita harus bayar lagi, tiket masuknya Rp. 3.000,-/orang, anak-anak gratis.

Suasana di pulau tangkil ini jauh lebih indah, pantainya lebih bersih dan suasananya tidak begitu ramai sehingga kita bisa lebih nyaman untuk berenang atau sekedar berjalan mengelilingi pantai di pulau itu. Namun hati – hati jika ingin berenang disini. Di pulau itu juga terdapat gubuk yang bisa disewa untuk beristirahat dan ditengah pulau terdapat lokasi untuk melakukan games outbound.

Letak geografis kota Bandar Lampung, yang menghadap ke Teluk Lampung, membuat ombak pantai yang ada di tepinya tidaklah besar, selain itu di hadapan teluk terbentang beberapa gugus pulau-pulau kecil, yang memiliki pantai-pantai berair sangat bersih dan berpasir putih dengan gradasi warna air laut dari biru muda sampai ke biru tua, dengan pantai yang landai tentunya, membuat para pengnjung nyaman untuk bermain air disana.(dd)

Sumber :
http://navigasi.net
http://arinashotel.com
http://baltyra.com