Peta Kabupaten Tangerang
Selayang Pandang
Kabupaten Tangerang termasuk salah satu daerah tingkat dua yang menjadi bagian dari wilayah Propinsi Banten. Terletak pada posisi geografis cukup strategis. Di sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa, sebelah timur dengan Jakarta dan Kota Tangerang, di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Bogor. Sedangkan di bagian barat berbatasan langsung dengan Kabupaten Serang.
Jarak antara Tangerang dengan pusat pemerintahan Republik Indonesia, Jakarta, sekitar 30 km, yang bisa ditempuh dengan waktu setengah jam.
Keduanya dihubungkan dengan lajur lalu lintas darat bebas hambatan Jakarta-Merak yang menjadi jalur utama lalu lintas perekonomian antara Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera. Dari 200 Juta lebih penduduk Indonesia, mayoritas terkonsentrasi di kedua pulau tersebut (Pulau Jawa 120 juta jiwa dan Sumatera 40 juta jiwa).
Pertumbuhan penduduk daerah ini cukup pesat. Total penduduk 2.959.600 jiwa, rata-rata pertumbuhan 4,32% per tahun yang didominasi oleh kelompok umur berusia muda. Kelompok umur 0-14 tahun berjumlah 1.195.589 jiwa atau sebesar 40%. Kelompok umur 15-64 tahun sebesar 1.709.158 jiwa atau 57,6%. Sedangkan pada kelompok umur 65 tahun ke atas sebanyak 65.853 jiwa atau 2,2%.
Luas wilayah Kabupaten Tangerang 111.038 ha. Dibagi ke dalam 36 kecamatan dan 316 desa. Keseluruhan kondisi wilayah memiliki topografi yang relatif datar dengan kemiringan tanah rata-rata 0-3% menurun. Ketinggian wilayah sekitar antara 0-85 m di atas permukaan laut. Curah hujan setahun rata-rata 1.475 mm dan temperatur udara berkisar antara 23 °C - 33 °C. Iklim ini dipengaruhi oleh wilayah di bagian utara yang merupakan daerah pesisir pantai sepanjang kurang lebih 50 km.
Wilayah Tangerang juga dibagi ke dalam tiga wilayah pusat pertumbuhan, yaitu Serpong, Balaraja dan Tigaraksa serta Teluknaga.
Pusat Pertumbuhan Serpong meliputi enam kecamatan, yaitu Serpong, Ciputat, Pondok Aren, Legok dan Curug yang menjadi pusat pertumbuhan pemukiman.
Pusat Pertumbuhan Balaraja dan Tigaraksa . Berupa kawasan industri, pemukiman dan pusat pemerintahan. Meliputi delapan kecamatan, yaitu Balaraja, Rajeg, Pasar Kemis, Tigaraksa, Kresek, Cisaka, Cikupa, Kronjo, Jayanti, Jambe dan Panongan.
Pusat Pertumbuhan Teluknaga . Meliputi lima kecamatan, yaitu Teluknaga, Kosambi, Sepatan, Mauk, Pakuhaji, Kemiri dan Sukadiri. Diarahkan untuk pengembangan sektor pariwisata bahari dan alam, industri maritim, pelabuhan laut, perikanan dan pertambakan.
Sejarah Kabupaten Tangerang
Kabupaten Tangerang sejak ratusan tahun lalu sudah menjadi daerah perlintasan perniagaan, perhubungan sosial dan interaksi antardaerah lain. Hal ini, disebabkan letak daerah ini yang berada di dua poros pusat perniagaan Jakarta - Banten.
Berdasarkan catatan sejarah, daerah ini sarat dengan konflik kepentingan perniagaan dan kekuasaan wilayah antara Kesultanan Banten dengan Penjajah Belanda.
Secara tutur-tinular, masa pemerintahan pertama secara sistematis yang bisa diungkapkan di daerah dataran ini, adalah saat Kesultanan Banten yang terus terdesak agresi penjajah Belanda lalu mengutus tiga maulananya yang berpangkat aria untuk membuat perkampungan pertahanan di Tangerang.
Ketiga maulana itu adalah Maulana Yudanegara, Wangsakerta dan Santika. Konon, basis pertahanan merka berada di garis pertahanan ideal yang kini disebut kawasan Tigaraksa dan membentuk suatu pemerintahan. Sebab itu, di legenda rakyat cikal-bakal Kabupaten Tangerang adalah Tigaraksasa [sebutan Tigaraksasa, diambil dari sebutan kehormatan kepada tiga maulana sebagai tiga pimpinan = tiangtiga = Tigaraksa].
Pemerintahan ketiga maulana ini, pada akhirnya dapat ditumbangkan dan seluruh wilayah pemerintahannya dikuasai Belanda, berdasar catatan sejarah terjadi tahun 1684. Berdasar catatan pada masa ini pun, lahir sebutan kota Tangerang. Sebutan Tangerang lahir ketika Pangeran Soegri, salah seorang putra Sultan Ageng Tirtayasa dari Kesultanan Banten membangun tugu prasasti di bagian barat Sungai Cisadane [diyakini di kampung Gerendeng, kini].
Tugu itu disebut masyarakat waktu itu dengan Tangerang [bahasa Sunda=tanda] memuat prasasti dalam bahasa Arab Gundul Jawa Kuno, "Bismillah peget Ingkang Gusti/Diningsun juput parenah kala Sabtu/Ping Gangsal Sapar Tahun Wau/ Rengsenaperang netek Nangeran/Bungas wetan Cipamugas kilen Cidurian/Sakabeh Angraksa Sitingsun Parahyang"
Arti tulisan prasasti itu adalah: "Dengan nama Allah tetap Yang Maha Kuasa/Dari kami mengambil kesempatan pada hari Sabtu/Tanggal 5 Sapar Tahun Wau/Sesudah perang kita memancangkan tugu/Untuk mempertahankan batas timur Cipamugas [Cisadae] dan barat Cidurian/ Semua menjaga tanah kaum Parahyang"
Diperkirakan sebutan Tangeran, lalu lama-kelamaan berubah sebutan menjadi Tangerang.
Desakan pasukan Belanda semakin menjadi-jadi di Banten sehingga memaksa dibuatnya perjanjian antar kedua belah pihak pada 17 April 1684 yang menjadikan daerah Tangerang seluruhnya masuk kekuasaan Penjajah Belanda. Sebagai wujud kekuasaannya, Belanda pun membentuk pemerintahan kabupaten yang lepas dari Banten dengan dibawah pimpinan seorang bupati.
Para bupati yang sempat memimpin Kabupaten Tangerang periode tahun 1682 - 1809 adalah Kyai Aria Soetadilaga I-VII. Setelah keturunan Aria Soetadilaga dinilai tak mampu lagi memerintah kabupaten Tangerang dengan baik, akhirnya penjajah Belanda menghapus pemerintahan di daerah ini dan memindahkan pusat pemerintahan ke Jakarta.
Lalu, dibuat kebijakan sebagian tanah di daerah itu dijual kepada orang-orang kaya di Jakarta, sebagian besarnya adalah orang-orang Cina kaya sehingga lahir masa tuan tanah di Tangerang.
Pada 8 Maret 1942, Pemerintahan Penjajah Belanda berakhir di gantikan Pemerintahan Penjajah Jepang. Namun terjadi serangan sekutu yang mendesak Jepang di berbagai tempat, sebab itu Pemerintahan Militer Jepang mulai memikirkan pengerahan pemuda-pemuda Indonesia guna membantu usaha pertahanan mereka sejak kekalahan armadanya di dekat Mid-way dan Kepulauan Solomon.
Kemudian pada tanggal 29 April 1943 dibentuklah beberapa organisasi militer, diantaranya yang terpenting ialah Keibodan [barisan bantu polisi] dan Seinendan [barisan pemuda]. Disusul pemindahan kedudukan Pemerintahan Jakarta Ken ke Tangerang dipimpin oleh Kentyo M Atik Soeardi dengan pangkat Tihoo Nito Gyoosieken atas perintah Gubernur Djawa Madoera. Adapun Tangerang pada waktu itu masih berstatus Gun atau kewedanan berstatus ken (kabupaten).
Berdasar Kan Po No. 34/2604 yang menyangkut pemindahan Jakarta Ken Yaskusyo ke Tangerang, maka Panitia Hari Jadi Kabupaten Tangerang menetapkan terbentuknya pemerintahan di Kabupaten Tangerang. Sebab itu , kelahiran pemerintahan daerah ini adalah pada tanggal 27 Desember 1943. Selanjutnya penetapan ini dikukuhkan dengan Peraturan Daerah Tingkat II Kabupaten Tangerang Nomor 18 Tahun 1984 tertanggal 25 Oktober 1984.
Dalam masa-masa proklamasi, telah terjadi beberpa peristiwa besar yang melibatkan tentara dan rakyat Kabupaten Tangerang dengan pasukan Jepang dan Belanda, yaitu Pertempuran Lengkong dan Pertempuran Serpong.
Pertumbuhan perekonomian Kabupaten Tangerang sebagai daerah lintasan dan berdekatan dengan Ibukota Negara Jakarta melesat pesat. Apalagi setelah diterbitkannya Inpres No.13 Tahun 1976 tentang pengembangan Jabotabek, di mana kabupaten Tangerang menjadi daerah penyanggah DKI Jakarta.
Tanggal 28 Pebruari 1993 terbit UU No. 2 Tahun 1993 tentang Pembentukan Kota Tangerang. Berdasarkan UU ini wilayah Kota Administratif Tangerang dibentuk menjadi daerah otonomi Kota Tangerang, yang lepas dari Kabupaten Tangerang. Berkaitan itu terbit pula Peraturan Pemerintah No. 14 Tahun 1995 tentang pemindahan Ibukota Kabupaten Dati II Tangerang dari Wilayah Kotamadya Dati II Tangerang ke Kecamatan Tigaraksa.
Akhirnya, pada awal tahun 2000, pusat pemerintahan Kabupaten Tangerang pun di pindahkan Bupati H. Agus Djunara ke Ibukota Tigaraksa. Pemindahan ini dinilai strategis dalam upaya memajukan daerah karena bertepatan dengan penerapan otonomi daerah, diberlakukannya perimbangan keuangan pusat dan daerah, adanya revisi pajak dan retribusi daerah, serta terbentuknya Propinsi Banten.
Kondisi Geografis
Kabupaten Tangerang terletak di bagian Timur Propinsi Banten pada koordinat 106°20'-106°43' Bujur Timur dan 6°00'-6°20' Lintang Selatan. Luas wilayah Kabupaten Tangerang 1.110,38 Km2 atau 12,62 % dari seluruh luas wilayah Propinsi Banten dengan Batas wilayah:
Dari sebelah Utara wilayah ini berbatasan dengan Laut Jawa, sebelah Timur berbatasan dengan Propinsi DKI Jakarta dan Kota Tangerang, sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Bogor dan Kota Depok, sedangkan sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Serang dan Lebak.
Secara Topografi, Kabupaten Tangerang berada pada wilayah dataran yang terdiri dari wilayah dataran rendah dan dataran tinggi. Dataran rendah sebagian besar berada di wilayah Utara yaitu Kecamatan Teluknaga, Mauk, Kemiri, Sukadiri, Kresek, Kronjo, Pakuhaji, dan Sepatan. Sedangkan dataran tinggi berada di wilayah Bagian Tengah ke arah Selatan.
Secara administratif, Kabupaten Tangerang terdiri dari 36 Kecamatan, 77 Kelurahan dan 251 desa.
No | Kecamatan | Luas Daerah (Km2) | Keterangan |
---|---|---|---|
1. | Tigaraksa | 48.74 | |
2. | Cisoka | 55.99 | |
3. | Solear | Pemekaran dari kec. Cisoka | |
4. | Jambe | 26.02 | |
5. | Cikupa | 42.68 | |
6. | Panongan | 34.93 | |
7. | Curug | 40.97 | |
8. | Kelapa Dua | Pemekaran dari kec. Curug | |
9. | Legok | 41.06 | |
10. | Pagedangan | 50.57 | |
11. | Serpong | 43.72 | |
12. | Serpong Utara | Pemekaran dari kec. Serpong | |
13. | Cisauk | 43.38 | |
14. | Setu | Pemekaran dari kec. Cisauk | |
15. | Pamulang | 27.66 | |
16. | Ciputat | 34.96 | |
17. | Ciputat Timur | Pemekaran dari kec. Ciputat | |
18. | Pondok Aren | 28.83 | |
19. | Pasar Kemis | 60.53 | |
20. | Sindang Jaya | Pemekaran dari kec. Pasar Kemis | |
21. | Rajeg | ||
22. | Mekarbaru | Pemekaran dari kec. Kronjo | |
23. | Balaraja | 57.48 | |
24. | Sukamulya | Pemekaran dari kec. Balaraja | |
25. | Jayanti | 26.91 | |
26. | Kresek | 55.60 | |
27. | Gunungkaler | Pemekaran dari kec. Kresek | |
28. | Kronjo | 68.05 | |
29. | Mauk | 51.42 | |
30. | Kemiri | 32.70 | |
31. | Sukadiri | 24.14 | |
32. | Sepatan | 56.24 | |
33. | Sepatan Timur | 35.59 | Pemekaran dari kec. Sepatan |
34. | Pakuhaji | 51.87 | |
35. | Teluknaga | 40.58 | |
36. | Kosambi | 29.76 |
Kecamatan di Kabupaten Tangerang
Kondisi Demografi
Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan indeks gabungan dari tiga komponen, yaitu indeks kesehatan (angka harapan hidup), indeks pendidikan (angka melek huruf dan rata-rata lama sekolah) serta indeks pengeluaran riil per kapita (daya beli). Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dapat dijadikan tolok ukur dalam menentukan tingkat keberhasilan pembangunan sumber daya manusia di suatu wilayah, sehingga indeks ini diharapkan dapat menggambarkan dan mewakili indikator-indikator lainnya sebagai indikator pembangunan manusia.
Indeks kesehatan pada tahun 2003 di Kabupaten Tangerang mencapai 65,3 yang ditunjukan dengan angka harapan hidup sebesar 64,2 tahun. Pada tahun 2006, indeks tersebut meningkat menjadi 66 yang ditunjukan dengan angka harapan hidup sebesar 65,1 tahun.
Sementara itu indeks pendidikan pada tahun 2003 mencapai 81,6 yang terdiri dari angka melek huruf 93,7% dan rata-rata lama sekolah mencapai 7,45 tahun. Indeks ini pun pada tahun 2006 mengalami kenaikan menjadi 82,9 yang terdiri dari angka melek huruf 94,7% dan rata-rata lama sekolah mencapai 8,9 tahun. Angka ini hampir mencapai target pemerintah yang dicanangkan dalam program wajib belajar 9 tahun.
Indeks pendapatan yang menunjukkan kemampuan daya beli secara perlahan mengalami peningkatan setiap tahunnya, yakni pada tahun 2003 baru sebesar Rp 617.200,00 (indeks sebesar 58,2) menjadi Rp 621.200,00 (indeks sebesar 60,40 pada tahun 2006.
Maka secara keseluruhan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang dihasilkan dari gabungan ketiga indeks tersebut menghasilkan nilai IPM sebesar 70,0 Pada tahun 2006 yang berarti menunjukkan peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu: 68,8 pada tahun 2003; 69,1 pada tahun 2004; dan 69,8 pada tahun 2005.
Meningkatnya indikator-indikator IPM ini secara umum karena adanya program-program pembangunan yang telah dijalankan oleh Pemerintah Daerah dan mendapat dukungan seluruh lapisan masyarakat. Meskipun demikian, dilihat dari kenaikannya masih cukup rendah sehingga masih diperlukan kebijakan dan program yang dapat segera meningkatkan indeks IPM tersebut.
Pendidikan
Kualitas sumber daya manusia sangatlah bergantung dari pembangunan di bidang pendidikan. Indikator atau ukuran yang bisa digunakan untuk melihat tingkat kemajuan pendidikan disuatu daerah antara lain adalah dengan melihat prosentase melek huruf, rata-rata lama sekolah clan pendidikan tertinggi yang ditamatkan.
Pembangunan pendidikan, terutama upaya untuk meningkatkan angka partisipasi dan kelulusan pendidikan di Kabupaten Tangerang sempat diramalkan akan mengalami hambatan yang cukup berarti. Hal ini mengingat terjadinya penurunan daya beli masyarakat akibat kenaikan harga BBM dan kenaikan inflasi, baik secara nasional maupun regional, serta meningkatnya angka pengangguran akibat tutup atau tidak berproduksinya beberapa pabrik industri -- yang hingga awal Agustus 2007 mencapai 74 pabrik.
Namun ternyata, kecemasan itu tidak terjadi. Bila komposisi penduduk menurut pendidikan yang tertinggi yang ditamatkan pada tahun 2003 tamatan SD sebesar 27,81% dan disusul tamat SLTP sebesar 17,8% dan SLTA sebesar 16,29%, maka meskipun tidak terlalu signifikan, pada tahun 2006 , komposisi ini berubah secara positif, yakni tamatan SD menjadi 26,35%; tamatan SLTP menjadi 19,929%; dan SLTA sebesar 17,42%.
Prosentase Penduduk Umur 10 Tahun Ke Atas Menurut
Ijazah Tertinggi Yang Dimiliki Tahun 2003-2006
Pendidikan | 2003 | 2004 | 2005 | 2006 |
---|---|---|---|---|
Tidak Memiliki Ijasah | 26,30 | 26,58 | 20,83 | 23,72 |
SD | 27,81 | 26,94 | 27,42 | 26,35 |
SLTP | 17,80 | 17,70 | 19.91 | 19,92 |
SLTA | 21,17 | 23,68 | 23,04 | 23,22 |
DI / DII | 1,00 | 0,89 | 0,71 | 1,18 |
Akademi / DIII | 2,28 | 1,75 | 2,62 | 1,15 |
S1, S2 dan S3 | 3,62 | 2,47 | 5,47 | 4,47 |
Sumber: BPS Kabupaten Tangerang, (Susenas 2003-2006)
Berdasarkan tabel di atas, secara umum hal yang masih perlu mendapatkan perhatian khusus adalah peningkatan prosentase penduduk untuk memiliki ijazah pada jenjang pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Hal ini dapat juga mengindikasikan bahwa kebutuhan akan pendidikan sampai janjang perguruan tinggi masih perlu memperoleh perhatian besar. Indikator lain yang bisa kita lihat untuk mengukur pendidikan adalah dengan melihat angka partisipasi murni sekolah.
Dengan keadaan tersebut, walaupun tamatan jenjang pendidikan lebih tinggi dari pada SD mengalami peningkatan, namun bila melihat kepentingan masyarakat dan pemerintah dalam menghadapi persaingan (antar daerah dan global), maka pemerintah daerah masih harus bekerja keras untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat. Upaya itu, tidak hanya memperbesar kesempatan masyarakat (khususnya dari masyarakat miskin) dapat memperoleh pendidikan ke jenjang lebih tinggi, tapi juga dapat meningkatkan akses masyarakat untuk bisa menamatkan pendidikan di perguruan tinggi.
Selain sumber daya manusianya, hal yang perlu mendapat perhatian dalam bidang pendidikan adalah menyangkut ketersediaan sarana dan prasaran pendidikannya. Jumlah sekolah di Kabupaten Tangerang selama tahun 2003-2006 tampak dalam tabel berikut:
Jumlah Sekolah Tahun 2003-2006
No. | Sekolah | 2003 | 2004 | 2005 | 2006 | ||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Negeri | Swasta | Negeri | Swasta | Negeri | Swasta | Negeri | Swasta | ||
1. | SD | 963 | 114 | 963 | 128 | 958 | 175 | 962 | 185 |
2. | SLTP | 44 | 151 | 44 | 168 | 58 | 196 | 63 | 216 |
3. | SMU | 14 | 70 | 19 | 75 | 26 | 77 | 34 | 77 |
4. | SMK | 2 | 61 | 5 | 62 | 5 | 64 | 5 | 64 |
Jumlah | 1024 | 396 | 1031 | 433 | 1047 | 512 | 1064 | 542 |
Sumber: BPS Kabupaten Tangerang, (Susenas 2003-2006)
Kesehatan
Dalam upaya mewujudkan masyarakat sehat, Pemerintah Kabupaten Tangerang telah menetapkan bidang kesehatan sebagai salah satu dari sembilan program prioritas pembangunan. Berbagai upaya terobosan telah dilakukan agar upaya pembangunan kesehatan lebih berdaya guna dan berhasil guna, antara lain dengan melaksanakan seluruh program kesehatan secara intensif, berkesinambungan dan terpadu baik lintas program maupun lintas sektoral serta berpihak kepada masyarakat. Dari segi anggaran, bidang kesehatan memperoleh porsi cukup besar. Jumlah anggaran bidang kesehatan tahun 2009 sekitar 11 persen dari jumlah APBD Kabupaten Tangerang Rp. 1,6 triliun lebih.
Anggaran tersebut diperuntukkan bagi peningkatan tersedianya fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan dalam upaya mendukung secara langsung keberhasilan pembangunan kesehatan.
Fasilitas kesehatan selain dibutuhkan dalam jumlah yang memadai juga harus representatif dan menjangkau seluruh daerah/kecamatan secara merata, sehingga dapat diakses dan dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat hingga ke daerah pedesaan yang umumnya kurang mempunyai kemampuan secara ekonomi.
Tingkat kesehatan yang baik tidak hanya ditentukan oleh fasilitas dan tenaga kesehatan saja tetapi juga sangat dipengaruhi oleh perilaku masyarakat untuk hidup sehat seperti konsumsi air bersih serta fasilitas MCK yang memadai dan juga tingkat kebersihan rumah dan lingkungan.
Pembangunan kesehatan yang dilaksanakan selama ini merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pembangunan nasional, karena kesehatan menyentuh hampir semua aspek kehidupan manusia.
JUMLAH FASILITAS KESEHATAN DAN TENAGA KESEHATAN
DI KABUPATEN TANGERANG
TAHUN 2003-2007
No. | Fasilitas dan Tenaga Kesehatan | 2003 | 2004 | 2005 | 2006 | 2007 |
---|---|---|---|---|---|---|
1. | Rumah Sakit (RS) | 9 | 9 | 11 | 12 | 13 |
2. | Tempat Tidur di RS | 1.055 | 1.055 | 1.098 | 1.178 | 1.278 |
3. | Puskesmas | 40 | 40 | 40 | 40 | 40 |
4. | Pustu | 35 | 35 | 36 | 36 | 36 |
5. | Balai Pengobatan | 315 | 397 | 527 | 572 | 616 |
6. | Rumah Bersalin | 54 | 56 | 66 | 68 | 71 |
7. | Dokter Umum | 315 | 486 | 675 | 812 | 964 |
8. | Dokter Spesialis | 137 | 173 | 187 | 196 | 234 |
9. | Bidan | 299 | 335 | 649 | 711 | 79 |
Sumber: Dinas Kesehatan Kabupaten Tanqerang
Untuk mendukung upaya tersebut, dirumuskan visi pembangunan Kesehatan Kabupaten Tangerang, yang tidak lepas dari visi pembangunan Kesehatan Nasional, yaitu: "Terwujudnya pembangunan berwawasan kesehatan menuju kabupaten tangerang sehat 2010".
Potensi sumber daya kesehatan di Kabupaten Tangerang dari tahun ke tahun terus meningkat. Fasilitas dan tenaga kesehatan telah tersebar di seluruh kecamatan demikian pula upaya-upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM). Perkembangan ketersediaan fasilitas dan tenaga kesehatan selama 5 tahun adalah sebagai berikut :
JUMLAH PENGANGKATAN TENAGA KESEHATAN SEBAGAI PTT DAERAH
DI KABUPATEN TANGERANG
TAHUN 2003 - 2006
No | Jenis Tenaga | 2003 | 2004 | 2005 | 2006 | Jumlah |
---|---|---|---|---|---|---|
1. | Dokter Spesialis | - | - | - | 3 | 3 |
2. | Dokter Umum | 13 | - | 23 | 18 | 54 |
3. | Dokter Gigi | - | - | 6 | 12 | 18 |
4. | Bidan (D III) | 20 | - | 14 | 26 | 60 |
Jumlah | 33 | - | 43 | 59 | 135 |
Sedangkan untuk peningkatan sarana pelayanan kesehatan telah dilaksanakan pembangunan sebagai berikut :
PEMBANGUNAN FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT
DI KABUPATEN TANGERANG
TAHUN 2003 - 2007
No. | Jenis Pembangunan | Satuan | 2003 | 2004 | 2005 | 2006 | 2007 |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1. | Pembangunan Puskesmas | Unit | 1 | 0 | 0 | 0 | 6 |
2. | Rehabilitasi Puskesmas | Unit | 2 | 3 | 0 | 3 | 1 |
3. | Perluasan Puskesmas | Unit | 12 | 1 | 0 | 3 | 4 |
4. | Peningkatan Puskesmas DTP | Unit | 0 | 0 | 1 | 0 | 2 |
5. | Pembangunan Pustu | Unit | 0 | 1 | 0 | 0 | 2 |
6. | Rehabilitasi Pustu | Unit | 0 | 4 | 0 | 3 | 1 |
7. | Pembangunan Polindes | Unit | 0 | 0 | 0 | 2 | 2 |
8. | Rehabilitasi Rmh.Dinas | Unit | 1 | 0 | 0 | 2 | 2 |
Tenaga Medis/Paramedis | |||||||
9. | Pembangunan RSUD baru | Unit | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 |
10. | Relokasi Puskesmas | Unit | 0 | 0 | 0 | 1 | 1 |
Untuk terlaksananya pembangunan kesehatan tidak lepas dari ketersediaan anggaran, meskipun jumlahnya belum dapat memenuhi 15% namun dari tahun ke tahun Pemerintah Kabupaten Tangerang terus meningkatkan anggaran kesehatan. Sebagai gambaran perkembangan selama tahun 2003-2007 anggaran kesehatan sebagai berikut :
Persentase rumah tangga yang menggunakan sarana air bersih di Kabupaten Tangerang tahun 2007 sekitar 371.680 rumah tangga atau sekitar 11% jika dibandingkan jumlah rumah tangga yang ada. Namun angka ini meningkat jika dibandingakan dengan tahun sebelumnya.
Upaya yang dilakukan pemerintah Kabupaten Tangerang dalam melayani kebutuhan air bersih ini, adalah bekerjasama dengan swasta melalui MoU KPS Air bersih yang dilaksanakan di 5 (lima) kecamatan; Sepatan, Jayanti, Balaraja, Cikupa dan Pasar Kemis.
Rencananya penyediaan air minum melalui program kerjasama ini akan menghasilkan kapasitas 900 liter per detik dengan jumlah sambungan sebanyak 65.570 unit. Adapun sumber baku dari sungai Cisadane dan air curah yang dibeli dari Mitra Swasta Kabupaten Serang. Sementara nilai investasi dalam pengembangan proyek ini sekitar Rp. 313.824 miliar.
Keuntungan yang diperoleh Pemerintah Kabupaten Tangerang, setelah selesai masa kontrak Kerjasama, seluruh aset yang ada menjadi milik pemerintah daerah.
Sektor ketenagakerjaan merupakan satu faktor penting bagi pembangunan ekonomi daerah yang pada akhirnya dapat mengurangi angka pengangguran sehingga berdampak memperkecil tingkat kemiskinan pada masyarakat. Indikator ketenagakerjaan yang dapat memberikan gambaran tentang seberapa besar keterlibatan penduduk dalam kegiatan ekonomi produktif adalah Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK). TPAK adalah persentase penduduk (15 tahun keatas) yang tergolong angkatan kerja.
TPAK Kabupaten Tangerang tahun 2003 sebesar 61,11% yang berarti sekitar 61,11% penduduk usia 15 tahun keatas melakukan aktifitas bekerja dan mencari pekerjaan atau terdapat 38,89% dari jumlah penduduk yang berusia 15 tahun keatas yang bukan tergolong dalam Bukan Angkatan Kerja, seperti bersekolah, mengurus rumah tangga dan lainnya. Sedangkan pada tahun 2006, TPAK Kabupaten Tangerang telah mencapai angka sebesar 62,61%.
Prosentase angkatan kerja pada tahun 2003 masih didominasi kalangan laki-,laki yaitu sebesar 68,57% sedangkan perempuan hanya 31,43%. Dari angkatan kerja tersebut laki-laki yang bekerja mencapai 82,98% dan perempuan hanya 27,63%. Namun untuk persentase yang menganggur atau mencari pekerjaan dari kalangan laki-laki juga lebih besar dibanding perempuan, yaitu 58,08% dibanding 41,92%. Sebaliknya persentase bukan angkatan kerja didominasi perempuan, dimana mayoritas sebagai pengurus rumah tangga yaitu sebesar 48,75% dibanding 0,85% namun yang bersekolah sedikit lebih besar laki-laki yaitu 23,9% dan perempuan sebesar 21,53%.
Pada tahun 2006, Persentase angkatan kerja juga masih didominasi kalangan laki-laki sebesar 66,4% sedangkan perempuan hanya 33,6%. Dari angka ini laki-laki yang bekerja mencapai 80,1% dan perempuan hanya 23,9%. Namun untuk persentase yang menganggur atau mencari pekerjaan dari kalangan laki-laki juga lebih besar dibanding perempuan, yaitu 51% berbanding 49%. Sebaliknya persentase bukan angkatan kerja didominasi perempuan, dimana mayoritas sebagai pengurus rumah tangga yaitu sebesar 47,6% dibanding 0,6% namun yang sekolah sedikit lebih besar laki-laki yaitu 23,6% dan perempuan sebesar 19,6%.
Sebagai daerah sentra industri, keterlibatan penduduk dalam sektor ekonomi di Kabupaten Tangerang sebagian besar bekerja pada sektor industri. Dalam kenyataannya sektor industri lebih banyak menyerap lapangan pekerjaan dibanding sektor-sektor lainnya.
Sektor industri sebagai sektor yang paling dominan, dalam lapangan pekeriaan di Kabupaten Tangerang menyerap rata-rata sebesar 32% pada tahun 2003-2006 dari seluruh penduduk yang berusia 10 tahun keatas, disusul sektor perdagangan sebesar rata-rata 23% dan sektor jasa sebesar rata-rata 21% sedangkan sektor pertanian hanya menyerap sebesar rata-rata 9%.
Penyerapan sektor industri pada tahun-tahun belakangan memang mengalami sedikit hambatan, misalnya sampai dengan awal Agustus 2007 sebanyak 74 pabrik tutup atau tidak berproduksi (tempointeraktif.com, 2007). Terlepas dari sebab-sebabnya, tutupnya beberapa pabrik ini, yang jelas menyebabkan berkurangnya kesempatan masyarakat untuk bekerja. Tentu saja hal ini akan berpengaruh terhadap peningkatan angka pengangguran, yang harus segera dicarikan jalan pemecahannya.
Kehidupan Sosial Masyarakat
Sampai dengan tahun 2002, dari 651.254 KK yang ada di Kabupaten Tangerang, mereka yang dikategorikan sebagai penduduk pra sejahtera sebanyak 105.245 KK, sejahtera I sebanyak 156.953 KK, sejahtera II sebanyak 206.040 KK, sejahtera III sebanyak 130.356 KK dan sejahtera III Plus sebanyak 52.600 KK.
Kultur Budaya
Masyarakat Kabupaten Tangerang memiliki kultur budaya campuran Betawi dan Priangan. Masyarakat Kabupaten Tangerang berbahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa Sunda sebagai bahasa daerah. Ada juga bahasa Jawa yang merupakan bahasa pendatang dari luar Kabupaten Tangerang yang umumnya para pekerja di kawasan industri KabupatenTangerang.
Kesenian Daerah
Masyarakat Kabupaten Tangerang termasuk masyarakat yang dinamis dan gemar akan kesenian. Karakter kesenian yang ada di Kabupaten Tangerang adalah perpaduan antara seni budaya Betawi dan Priangan. Beberapa kesenian yang berkembang sampai saat ini adalah Seni Musik Gambang Keromong dan Tari Krecek yang merupakan tarian pergaulan yang banyak berkembang di kawasan Teluknaga dan Kosambi.
Laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tangerang tahun 2003 sebesar 4,44% meningkat menjadi 6, 40% ditahun 2004 dan menjadi 7,40% ditahun 2005. Sedangkan pada tahun 2006, angka LPE mencapai 6,97%.
Pertumbuhan LPE ini seharusnya berdampak pada perubahan ekonomi yang membaik seperti berkurangnya angka pengangguran, namun ternyata kenaikan LPE ini belum cukup membantu mengurangi angka pengangguran.
Perkembangan perekonomian Kabupaten Tangerang selama 4 (empat) tahun terakhir terus menunjukkan kecenderungan yang semakin membaik. Hal ini menunjukkan semakin pulihnya kondisi perekonomian Kabupaten Tangerang, meskipun belum sepenuhnya keluar dari pengaruh krisis ekonomi berkepanjangan yang melanda perekonomian Indonesia pada umumnya
Pada tahun 2005 tingkat pertumbuha riil sektor ekonomi Kabupaten Tangerang sebesar 7,40%, angka ini lebih tinggi dari angka pada tahun 2004 yang mencapai 6,40%.
Laju Pertumbuhan PDRB
Atas Dasar Harga Konstan ( dalam % )
Tahun 2001-2005
Lapangan Usaha | 2001 | 2002 | 2003 | 2004 | 2005 |
---|---|---|---|---|---|
Pertanian & Kehutanan | 4,37 | 8,27 | 1,35 | 3,89 | 3,84 |
Pertambangan & Galian | 10,61 | 3,14 | 9,58 | 2,81 | 2,08 |
Industri Pengolahan | 4,48 | 3,04 | 4,01 | 5,48 | 7,41 |
Listrik, Gas & Air Bersih | 9,37 | 3,10 | 6,29 | 7,71 | 5,88 |
Bangunan | 5,41 | 4,77 | 6,86 | 8,13 | 7,44 |
Perdagangan, Hotel & Restoran | 6,31 | 6,55 | 3,75 | 8,55 | 7,94 |
Pengangkutan & Komunikasi | 7,35 | 6,78 | 8,14 | 10,16 | 8,66 |
Keuangan & Persewaan | 3,31 | 12,20 | 6,72 | 10,31 | 10,88 |
Jasa-jasa | 4,75 | 5,27 | 8,84 | 7,35 | 12,02 |
PDRB | 5,17 | 4,56 | 4,44 | 6,40 | 7,40 |
Laju Pertumbuhan Ekonomi ( LPE )
Atas Dasar Harga Konstan Menurut Kelompok Sektor
Tahun 2003 - 2005 ( persen )
Kelompok Sektor | 2003 | 2004 | 2005 |
---|---|---|---|
Sektor Primer | 1,41 | 3,88 | 3,83 |
Sektor Sekunder | 4,31 | 5,77 | 7,26 |
Sektor Tersier | 6,00 | 8,96 | 8,07 |
PDRB | 4,44 | 6,40 | 7,40 |
Meningkatnya LPE pada tahun 2005 menjadi 7,4 % dari 6,4 persen tahun sebelumnya menurunkan pengangguran sekitar 0,61 persen. Sedangkan melemahnva LPE pada tahun 2006 menjadi 6,97 sejalan dengan meningkatnya angka pengangguran menjadi 18,23 persen pada tahun 2006 dibanding 14,31 persen pada tahun 2005. Lebih jauh lagi melemahnya LPE ini menambah jumlah penduduk miskin yang pada tahun 2006 meningkat menjadi 13,07 persen dibandingkan 10,24% pada tahun 2005.
Perekonomian di Kabupaten Tangerang pada tahun 2006 tumbuh sebesar 6,97% dimana terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2003 yang hanya sebesar 4,44%. Artinya pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Kabupaten Tangerang tahun 2006 lebih cepat sebesar 2, 53% dari yang terjadi pada tahun 2003. Pertumbuhan sebesar ini didorong dan dimotori oleh peningkatan yang berarti pada pengeluaran konsumsi rumah tangga dan pembentukan modal tetap bruto.PDRB Kabupaten Tangerang atas dasar harga berlaku tahun 2006 sebesar 27,57 triliun rupiah, tahun 2005 sebesar 23,99 triliun rupiah, tahun 2004 sebesar 20,77 triliun rupiah, dan tahun 2003 sebesar 18,56 triliun rupiah.
PDRB KABUPATEN TANGERANG
ATAS DASAR HARGA BERLAKU
MENURUT PENGGUNAAN TAHUN 2003-2007
No. | Uraian | 2003 | 2004 | 2005 | 2006 |
---|---|---|---|---|---|
1. | Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga | 11.282.487,33 | 12.073.695, 74 | 13.459.468,70 | 16.245.490,59 |
2. | Pengeluaran Konsumsi LNPRT | 157.189,11 | 727.197,90 | 132.738.701, 00 | 746.980,54 |
3. | Pengeluaran Konsumsi Pemerintah | 1.010.899,98 | 1.071.557,61 | 1, 335.794,35 | 152.261.252, 00 |
4. | Pembentukan Modal Tetap Bruto | 3.084.017,66 | 3.488.957,49 | 4.024.750,85 | 7.270.533,20 |
5. | Perubahan Stok | 367.032,22 | 394.631,53 | 416.874,39 | 722.379,92 |
6. | Ekspor | 11.589.933, 62 | 12.612.294, 59 | 14.450.294,34 | 15.347.837,88 |
7. | Pengeluaran Akhir | 27.492.459, 91 | 30.368.334, 86 | 35.014.570,14 | 41.855.834,94 |
8. | Impor | 8.930.596,47 | 9.597.778,89 | 11.021.618,32 | 14.284.082,33 |
9. | PDRB | 18.561.863, 44 | 20.770.555, 97 | 23.492.951,82 | 27.571.752,61 |
Sumber: Badan Pusat Statistik Kabupaten Tangerang
Seperti telah dikemukakan, Kabupaten Tangerang telah lama menyandang predikat sebagai sentra industri. Karena banyaknya ditemukan pabrik-pabrik industri, terutama pada jenis industri tekstil, pakaian jadi, dan kulit. Pendapatan dari industri tersebut mencapai 2,6 trilyun rupiah. Besarnya pendapatan ini mencerminkan besarnya potensi yang dimiliki oleh jenis industri tersebut. Potensi ini ditunjang oleh lokasi Kabupaten Tangerang yang sangat dekat dengan Ibukota dan transportasi yang mudah serta memadai. Hal ini memperlancar ekspor barang hasil produksi.
JENIS INDUSTRI | JUMLAH USAHA | TENAGA KERJA | PENDAPATAN (JUTA RUPIAH) |
---|---|---|---|
Tekstil, pakaian jadi, & kulit | 140 | 113.441 | 2.600.861 |
Barang dari logam, mesin, dan perlengkapannya | 161 | 28.827 | 1.399.524 |
Kimia, barang dari kimia, minyak, batubara, & barang dari plastik | 115 | 17.168 | 1.120.448 |
Makanan; minuman, dan tembakau | 61 | 7.401 | 1.076.654 |
Kegairahan dunia usaha sektor perdagangan tahun 2004 di Kabupaten Tangerang dapat dilihat dari jumlah Tanda Daftar perusahaan (TDP) yang diterbitkan. Tercatat jumlah TDP yang diterbitkan tahun 2005 sebanyak 1.941 buah atau mengalami peningkatan sebesar 10,72 % dibanding tahun 2004 (1.753 buah).
Jumlah TDP yang diterbitkan usaha bentuk Perseroan Terbatas (PT), mengalami peningkatan 132 perusahaan dibanding tahun sebelumnya dan penurunan terbesar terjadi pada usaha berbentuk CV, yaitu dari 649 buah tahun 2004 menjadi 690 tahun 2005 atau mengalami peningkatan sebesar 6,32 %.
Sementara itu Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) juga sedikit mengalami peningkatan dibanding tahun 2004 yaitu dari 1.146 buah di tahun 2004 menjadi 1.342 buah tahun 2005. Dilihat menurut kualifikasi usaha peningkatan cukup besar pada penerbitan SIUP pada usaha menengah yaitu mencapai 64 SIUP (108,2%).
Namun sebaliknya terjadi penurunan pada skala usaha kecil sebesar 134 SIUP(16,3%). Secara khusus perkembangan SIUP sektor jasa memperlihatkan lonjakan cukup besar selama periode 2003 - 2005 yaitu sebanyak 603 SIUP tahun 2003 naik menjadi 750 SIUP dan kembali naik menjadi 790 SIUP tahun 2005.
Jumlah Pemilik Surat Ijin Usaha Perdagangan
Jenis | Perdagangan Besar | Perdagangan Menengah | Perdagangan Kecil | Total |
---|---|---|---|---|
Ijin Usaha Perdagangan (IUP) Barang | 146 | 508 | 688 | 1.342 |
Ijin Usaha Perdagangan (IUP) Jasa | 45 | 219 | 526 | 790 |
SIUP | 194 | 953 | 4.395 | 5.542 |
Total | 306 | 1.288 | 5.844 | 7.438 |
Sumber: Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Tangerang
Kegiatan sektor perikanan di Kabupaten Tangerang meliputi kegiatan perikanan laut, perikanan perairan umum (rawa, situ, ex galian pasir, sungai), tambak, kolam dan mina padi. Pada tahun 2005 produksi perikanan laut mencapai 16.532,71 ton, produksi perikanan perairan umum mencapai 157,54 ton, produksi budi daya air payau mencapai 7.309,5 ton, produksi budi daya ikan mencapai 2.096,4 ton.
Perkembangan Produksi Penangkapan Ikan
Tahun 2002-2005 (Ton)
No. | Uraian | 2002 | 2003 | 2004 | 2005 |
---|---|---|---|---|---|
1. | Penangkapan Ikan Laut | 16.849,30 | 16.895,00 | 17.726,20 | 16.532,71 |
2. | Penangkapan Ikan Perairan Umum | 122,60 | 130,00 | 123,00 | 157,54 |
3. | Budidaya Air Payau | 7.486,20 | 7.486,90 | 6.401,30 | 7.309,5 |
4. | Budidaya Ikan | 1.951,00 | 2.055,03 | 2.192,90 | 2.096, |
Sumber: Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Tangerang
Pertanian
Di sektor pertanian, Kabupaten Tangerang pada era sebelum tahun 70-an dikenal sebagai lumbung padi. Namun setelah lahan-lahan persawahan terkonversi menjadi lahan industri dan pemukiman, luas lahan dan hasil produksi padi terus menurun. Namun demikian, hasil produksi ini bisa kembali dikembangkan dengan penerapan teknologi budidaya dan industri pengolahan hasil panen yang kian tepat dan berhasil guna.
Sub sektor tanaman bahan makanan mencakup komoditi; padi, palawija (jagung dan kacang tanah) dan sayuran (terung, kacang panjang dan mentimun). Menurut data dari Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang tahun 2005 jenis komoditi yang dihasilkan Kabupaten Tangerang dengan produktivitas tinggi adalah sayuran (komoditi mentimun, terung dan kacang panjang).
Komoditi mentimun tingkat produktivitasnya mencapai 180,66 kwintal/ha dengan luas tanam 628 ha dan jumlah produksi yang dihasilkan mencapai 11.345 ton, komoditi terung tingkat produktivitasnya mencapai 175,35 kwintal/ha dengan luas tanam 202 ha dan jumlah produksi yang dihasilkan 3.542 ton, sedangkan komoditi kacang panjang produktifitasnya sebesar 161,31 kwintal/ ha dengan luas tanam 623 ha dan jumlah produksi yang dihasilkan mencapai 10.050 ton.
Lambang daerah Kabupaten Tangerang ditetapkan dengan peraturan daerah Nomor 19 Tahun 1984 tanggal 25 Oktober 1984, yang kemudian disempurnakan dengan Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 1987 tanggal 21 Mei 1987.
Motto daerah yang terkandung dalam lambang daerah adalah "SATYA KARYA KERTA RAHARJA" artinya dengan dasar kesetiaan dan ketaatan kepada Pemerintah dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) disertai doa dan kerja keras, kita wujudkan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur dari segi fisik material dan mental spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
Bentuk Lambang Daerah
Arti Gambar Lambang Daerah:
I. Bagian Atas
- Pucuk Perisai lima buah melambangkan Pancasila yang menjadi dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia
- Susunan batu merupakan lambang benteng pertahanan yang mengingatkan kita kepada pahlawan rakyat Kabupaten Tangerang
- Jumlah bata melambangkan tanggal, bulan dan tahun proklamasi kemerdekaan Negara republik Indonesia, tanggal 17 bulan 8 tahun 1945.
II. Bagian Tengah
- Jumlah butir pada, bunga kapas dan ruas bambu melambangkan tanggal, bulan dan tahun hari jadi Kabupaten Tangerang.
- Dua puluh tujuh butir padi melambangkan tanggal dua puluh tujuh.
- Dua belas bunga kapas melambangkan bulan dua belas.
- Empat puluh tiga ruas bambu melambangkan tahun empat puluh tiga.
- Topi bambu melambangkan hasil kerajinan dan industri dari Kabupaten tangerang.
III. Bagian Bawah
- Garis putih berombak melambangkan bahwa Kabupaten Tangerang dilintasi oleh sungai-sungai besar.
- Garis putih biru berombak melambangkan laut yang bermakna Kabupaten Tangerang merupakan daerah pantai.
(sumber: 64 Tahun Kabupaten Tangerang)
Berdasarkan pertimbangan kondisi obyektif seluruh sumber daya dan komitmen untuk meraih masa depan yang lebih baik maka ditetapkan visi sebagai berikut :
Yang dimaksud dengan :
- Masyarakat kabupaten Tangerang; adalah kelompok orang dengan segala aspek kehidupannya, yang meliputi sikap perilaku dan pola pikir dalam sosial budaya, agama, politik, ekonomi, hukum, ilmu pengetahuan teknologi yang memanfaatkan sumbar daya alam dan sumber daya buatan yang ada di Kabupaten Tangerang;
- Beriman; adalah percaya, yakin dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan memenuhi segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya serta hidup rukun antar umat manusia.Terpenuhinya kebutuhan manusia dari segi meteri memerlukan penyeimbang dari sisi rohani, sehingga terjamin keseimbangan mental dan spiritual;
- Maju; berarti cerdas, sehat dan dinamis menuju taraf hidup yang lebih baik, proaktif, kreatif, dan disiplin sesuai dengan fungsi, peran dan kedudukan masing-masing anggota masyarakat;
- Mandiri; berarti mampu mengatasi permasalahan dan hidup bertanggung jawab dengan tidak ada ketergantungan pada pihak lain atau dikendalikan oleh pihak lain. Visi kemandirian adalah tetap berada koridor Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945;
- Berorientasi Industri; berarti perilaku yang mengarah pada pertimbangan ekonomis dengan memperhitungkan tenaga, waktu, biaya, dan sumber daya teknologi yang terus berkembang dan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri tapi beriorentasi pasar;
- Berwawasan Lingkungan; berarti orientasi pembangunan mempertimbang-kan kondisi lingkungan yang harus dipatuhi oleh setiap pelaku pembangunan karena pembangunan berwawasan lingkungan akan memberi manfaat bagi kelangsungan hidup dan pembangunan.
MISI
Untuk mewujudkan visi tersebut di atas, maka ditetapkan misi Pemerintah Kabupaten Tangerang sebagai berikut :
- Meningkatkan kualitas kehidupan beragama dan pengamalannya dalam kehidupan bermasyarakat.
- Membangun sumberdaya manusia melalui peningkatan mutu pendidikan diseluruh jenjang secara bertahap serta peningkatan derajat kesehatan yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat serta peningkatan kesejehteraan sosial.
- Meningkatkan pemerataan dan pertumbuhan ekonomi melalui fasilitasi pengembangan usaha di bidang industri, agribisnis, agro industri, dan jasa, serta memberikan akses lebih besar pengembangan koperasi, usaha kecil dan menengah, dan sektor informal.
- Mewujudkan keserasian dan keseimbangan pembangunan yang berwawasan lingkungan melalui sistem perencanaan dan pengendalian tata ruang yang terstruktur.
- Menciptakan tata kepemerintahan yang bersih, transparan, dan bertanggung jawab (good governance).
- Meningkatkan pembangunan infra struktur bagi percepatan aspek-aspek pembangunan.
- Memenuhi hak-hak politik dan sosial warga untuk melakukan partisipasi kritis dalam proses pembangunan.
- Memberdayakan perempuan dan kesetaraan gender dalam pembangunan.
Nilai-nilai yang tekandung dalam visi misi dapat diidentifikasi sebagai berikut :
- Ketakwaan;
Masyarakat kabupaten Tangerang yang bertakwa merupakan komponen yang sangat penting untuk mewujudkan suatu perubahan yang hakiki dalam mencapai visi misi yang telah ditetapkan; - Partisipatif;
Rasa tanggungjawab dari semua komponen pemerintahan yang terdiri eksekutif, legislatif dan masyarakat serta swasta berperan serta mengambil bagian mulai dari tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam rangka mempercepat tajuan dan sasaran pembangunan yang efisien dan efektif; - Transparansi;
Merupakan salah satu unsur dari good government yang harus ditingkatkan agar dapat mendorong partisipasi masyarakat dan swasta untuk mencapai suatu kemajuan seperti yang tercantum dalam sasaran dan tujuan pembangunan. - Berkelanjutan;
Prinsip berkelanjutan dalam aspek lingkungan mengandung makna bahwa pemanfaatan sumber daya alam harus memperhatikan dampak negatif terhadap lingkungan sehingga pembangunan yang akan dipacu tidak hanya untuk kepentingan sesaat.
Guna mencapai keberhasilan pembangunan sebagimana yang diharapkan dalam Visi dan Misi kepala daerah, maka rumusan Strategi yang akan dilakukan oleh pemerintah kabupaten Tangerang dalam kurun waktu 2008-2013 adalah:
"Menuju Masyarakat Tangerang yang Beriman, Sejahtera, Berorientasi Industri, dan Berwawasan Lingkungan"
Arah dari strategi pembangunan ini adalah pertumbuhan ekonomi yang berbasiskan ekonomi lokal khususnya sektor industri, perdagangan dan jasa serta mampu mendukung terpenuhinya hak-hak dasar masyarakat.
Dengan pertumbuhan ekonomi berbasis ekonomi lokal ini diharapkan dapat hak-hak dasar masyarakat terutama di prioritaskan terhadap upaya peningkatan daya beli masyarakat, akses kesehatan, akses pendidikan, akses pekerjaan dan berusaha.
Dalam menjalankan strategi pembangunan Kabupaten Tangerang diperlukan dukungan birokrasi dalam peningkaan pelayanan publik melalui upaya penataan struktur organisasi agar yang efisien dan efektif, serta pembenahan kebijakan publik dan regulasi agar tercipta iklim kondusif yang dapat peningkatan kinerja investasi dan ekonomi.
Dari rumusan strategi tersebut sedikitnya terdapat tiga strategi pokok dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di masa datang, yakni
- Strategi mendorong pertumbuhan/kinerja ekonomi berbasis ekonomi lokal untuk peningkatan daya beli masyarakat.
- Strategi peningkatan kualitas Hidup masyarakat dengan pemenuhan hak dasar masyarakat.
- Strategi Pengembangan Kapasitas Pemerintah Daerah, yang meliputi :
- Kapasitas Sistem,
- Kapasitas Kelembagaan, dan
- Kapasitas Sumber Daya Manusia Aparatur.
pencapaian Visi Dan MisiPemantapan pembangunan ekonomi dalam rangka pembangunan kesejahteraan masyarakat dan didukung pengembangan Kapasitas pemerintahan daerah
Mendorong Pertumbuhan Ekonomi berbasis ekonomi lokal untuk peningkatan daya beli Meningkatkan Kualitas Kehidupan(Pemenuhan Hak Dasar Masyarakat)
Pengembangan Kapasitas Pemerintah Daerah
• Kapasitas system
• Kapasitas kelembagaan
• Kapasitas Sumber Daya Manusia AparatDari Ketiga strategi pokok pembangunan tersebut di atas, dapat dijelaskan sebagai berikut1. Strategi Mendorong Pertumbuhan EkonomiPada hakekatnya pembangunan ekonomi adalah serangkaian usaha dan kebijaksanaan yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, memperluas lapangan kerja dan pemerataan pembagian pendapatan masyarakat. Kinerja pembangunan ekonomi mempunyai kedudukan yang amat penting, karena keberhasilan di bidang ekonomi dapat menyediakan sumber daya yang lebih luas bagi pembangunan di bidang lainnya.
Namun sebaliknya untuk melakukan pembangunan ekonomi diperlukan landasan yang kuat, yaitu pengambilan kebijakan yang tepat, akurat dan terarah, supaya hasil yang dicapai akan benar-benar sesuai dengan yang direncanakan.
Dalam pembangunan ekonomi lebih diperioritaskan pada upaya mendorong pertumbuhan ekonomi yang berbasiskan ekonomi local sehingga diharapkan mempunyai dampak ikutan yang luas (multiplier effect), seperti sektor pertanian khususnya perkebunan, pemanfaatan sumber daya alam dan Usaha mikro Kecil menengah (UMKM). Berdasarkan struktur ekonomi Tangerang, sektor perindustrian memberikan kontribusi terbesar dalam perekonomian dan jumlah tenaga kerja yang besar, sehingga peningkatan output pada kedua sektor tersebut akan dapat mendukung akses masyarakat terhadap pemenuhan hak atas pekerjaan dan usaha serta mengurangi kemiskinan.
Pembangunan ekonomi tersebut perlu juga di tunjang oleh upaya percepatan investasi dan menciptakan iklim usaha yang kondusif dengan mengundang investor serta melakukan regulasi perijinan bagi dunia usaha.2. Strategi Peningkatan Kualitas Hidup MasyarakatPeningkatan kualitas Hidup (Quality of life) masyarakat sangat berhubungan dengan terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat yaitu akses Pendidikan, akses kesehatan dan akses ekonomi. Dalam kerangka Peningkatan kualitas hidup masyarakat pembangunan sektor pendidikan merupakan suatu hal yang mutlak diperlukan karena terkait dengan masa depan suatu bangsa.
Menyangkut bidang kesehatan maka secara umum permasalahan dibidang kesehatan adalah belum optimalnya kualitas pelayanan karena belum semua sarana pelayanan kesehatan melaksanakan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Keterjangkauan dan pemerataan pelayanan dapat dilihat dengan rasio jumlah sarana yang ada. Selain itu, perilaku hidup bersih dan sehat yang kurang serta kualitas lingkungan yang belum optimal. Disisi lain belum semua tenaga kesehatan memenuhi kompetensi profesi terkait untuk dapat teregristrasi sebagai tenaga kesehatan professional.3. Strategi Pengembangan Kapasitas Pemerintah DaerahStrategi pengembangan kapasitas pemerintah daerah ditujukan untuk meningkatkan kemampuan Pemerintah Daerah secara berkelanjutan dalam aspek-aspek pelayanan dasar kepada masyarakat, pengembangan ekonomi lokal, penanggulangan kemiskinan dan tata pemerintah vang baik. Pengembangan kapasitas pemerintah daerah juga ditujukan untuk mengembangkan sistem kelembagaan dan kompetensi serta pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia yang berorientasi pada kinerja.Dalam rangka pengembangan kapasitas Pemerintah daerah,maka ditetapkan langkah-langkah sebagai berikut:a. Pengembangan SistemPengembangan sistem pada hakekatnya mencakup kebijakan dan pengaturan kerangka kerja yang relevan untuk mencapai tujuan kebijakan yang ditetapkan. Dalam paparan yang lebih operasional, pengembangan sistem mencakup; substansi kebijakan, strategi, perencanaan serta sasaran kinerja.
b. Pengembangan KelembagaanPengembangan kelembagaan mencakup : proses pengambilan keputusan, sistem manajemen dan relasi antar organisasi, peraturan dan pengaturan pemerintah yang baik, pembuatan pedoman dan sistem manajemen, restrukturisasi organisasi, refungsionalisasi organisasi, dan revitalisasi organisasi.
c. Pengembangan SDM AparaturPengembangan SDM aparatur meliputi : ketrampilan dan kualifikasi individu, pengetahuan, sikap, etika dan motivasi personil yang bekerja pada suatu unit kerja atau organisasi.
Untuk mencapai visi dan misi Kabupaten Tangerang selama kurun waktu 2008-2013, maka dijabarkan dalam misi sebagai berikut :
- Meningkatkan kualitas kehidupan beragama dan pengamalannya dalam kehidupan bermasyarakat.
- Membangun sumber daya manusia melalui peningkatan mutu pendidikan diseluruh jenjang secara bertahap serta peningkatan derajat kesehatan yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat.
- Meningkatkan pemerataan dan pertumbuhan ekonomi melalui fasilitasi pengembangan usaha di bidang industri, agribisnis, agro industri, dan jasa, serta memberikan akses lebih besar pengembangan koperasi, usaha kecil dan menengah, dan sektor informal.
- Mewujudkan keserasian dan keseimbangan pembangunan yang berwawasan lingkungan melalui sistem perencanaan dan pengendalian tata ruang yang terstruktur.
- Menciptakan tata kepemerintahan yang bersih, transparan dan bertanggung jawab (good governance).
- Meningkatkan pembangunan infra struktur bagi percepatan aspek-aspek pembangunan.
- Memenuhi hak-hak politik dan sosial warga untuk melakukan partisipasi kritis dalam proses pembangunan.
- Memberdayakan perempuan dan kesetaraan gender dalam kegiatan pembangunan.
1. Pantai Tanjung Pasir
Terletak di wilayah Kecamatan Teluknaga, 50 Km dari Tigaraksa. Selain pantainya cukup landai dengan ombak yang tenang, juga memiliki panorama alam yang indah. Pasir pantai yang putih dan bersih dan tidak berlumpur terhampar. Melalui pantai ini pengunjung dapat menikmati pemandangan gugusan Pulau Seribu di laut lepas. Pengembangan kawasan pantai seluas 75 ha yang dipadukan dengan pengembangan Kawasan Wisata Terpadu Kapuk Naga.
Kondisi jalan menuju ke pantai cukup bagus, dilengkapi dengan jaringan telekomunikasi dengan layanan interlokal, jaringan listrik dan prasarana air bersih. Berjarak 23,5 Km dari Kota Tangerang diikuti dengan bentangan aliran sungai irigasi mulai dari Pintu Air Tangerang di jalan Daan Mogot dari Grogol, Jakarta Barat yang membelah Kota Tangerang hingga Balaraja. Dari arah Jakarta dapat ditempuh melalui jalan tembus dari Kapuk atau lewat pasar Cengkareng, dengan kondisi jalan mulus.
2. Pulau Cangkir
Terletak di Kecamatan Kronjo, sekitar 35 Km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang. Memiliki nuansa pedesaan yang masih asri. Kawasan pantai yang akan dikembangkan seluas 10 ha.Kondisi jalan menuju lokasi beraspal, terbentang menyusuri sungai sepanjang 4 Km. Dilengkapi dengan jaringan layanan telekomunikasi interlokal dan internasional (SLI), jaringan listrik dan sarana air bersih.
Pantai Dadap
Terletak di Kecamatan Kosambi, dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan umum. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas pariwisata seperti rumah makan seafood. Kawasan pantai yang akan dikembangkan seluas 135 ha.
Pantai Tanjung Kait
Terletak di Kecamatan Mauk, akan dikembangkan sebagai pusat pengembangan wisata bahari, kegiatan nelayan dan kegiatan kelautan lainnya.
Letak pantai cukup strategis dengan panorama alam yang indah, jaraknya hanya 30 Km dari Tigaraksa.
Pantai ini merupakan bagian dari kawasan pertumbuhan wilayah timur dengan luas pantai 150 ha.
Kondisi jalan menuju pantai cukup baik, dilengkapi dengan jaringan fasilitas layanan telekomunikasi interlokal dan internasional, jaringan listrik serta sarana air bersih.
Sumber : http://www.tangerangkab.go.id