Pesona Wahana Danau Mekarsari


WAHANA Danau Mekarsari atau Danau Cipicung di area Taman Wisata Mekarasi Cibubur, yang menyajikan berbagai permainan dan hiburan yang kreatif, ternyata banyak diminati wisatawan nusantara yang berwisata dalam mengisi Liburan Puasa, terutama pada Sabtu dan Minggu.

”Bahkan saat Liburan Lebaran pun banyak wisatawan yang menikmati fasilitas yang menjadi andalan wisata di Mekarsari,” ungkap Public Relations Mekarsari Catherina W. Day.

Dijelaskan berbagai permainan modern yang penuh andrenalin dan tantangan di air, seperti Floating Donat, Giant Bubble, Kano, Becak Air, Aqua Bike dan berbagai sarana hiburan air lainnya, selalu menjadi sasaran utama bagi pengunjung, setelah berkeliling menikmati wisata kebun di Mekarsari.

”Memang wahana danau Mekarsari saat ini menjadi salah satu andalan wisata di Mekarsari. Dan ke depan terus dilakukan perubahan-perubahan agar wisatawan yang datang tidak merasa bosan dengan permainan air yang ada,” tambahnya.

Danau seluas lebih 27 hektar dengan kedalaman 25-30 meter ini memiliki potensi pengembangan yang luar biasa secara sosial, ekonomi dan ekologi. Saat ini saja, kata Chaterina, dengan pemanfaatan yang belum mencapai 5 persen, Danau Mekarsari mampu menyedot perhatian pengunjung yang ingin menikmati permainan air.

Sejak dibuka pada tahun 1995 oleh presiden Soeharto, Taman Wisata Mekarsari yang dikelola PT Mekar Unggul Sari telah banyak mengalami metamorfosis. Taman Wisata yang dulu dikenal dengan nama Taman Buah Mekarsari ini sempat diperkirakan ditutup karena berbagai persoalan. Namun, setelah berbaikan manajemen dipengelolaannya sedikit demi sedikit Mekarsari mengalami perubahan menuju perbaikan.

Sejak masa Kulminasi (2004), Taman Wisata Mekarsari mengacu pada konsep 4Si, yakni Konservasi, Reboisasi, Edukasi dan Rekreasi. Sikap konsistensi ini membawa hasil berupa peingkatan jumlah pengunjung dari tahun ke tahun yang berkisar 30 persen. Bahkan pada masa liburan sekolah dan week end jumlha itu naik menjadi 50 persen.

Pastinya Taman Wisata Mekarsari sedang berbenah dan terus melakukan perkembangan sehingga kepuasan pengunjung dalam belajar dan bermain di Mekarsari bisa optimal. (endy)

Sumber : http://wisatanews.indonesiatravel.biz