Goa Napalicin menjadi Obyek Wisata


oleh Arief Candra S Hut

Potensi Pariwisata Goa Napalicin yang berada di Desa Napalicin Kecamatan Ulu Rawas yang didukung oleh Lingkungan berupa Hutan yang masih virgin (asli) dan aliran sungai Rawas yang masih bersiah membaut Gubernur Sumsel H Alex Nordin Optimis daerah ini menjadi obyek wisata andalan Propinsi Sumsel.

Optimisme Gubernur ini bukan tidak beralasan dengan potensi Hutan yang masih asli dan masih banyak pohon yang umurnya ratusan tahun dan didukung oleh aliran sungai Rawas yang airnya jernih dan murni serta goa yang masih origin akan menarik wisatawan manca Negara datang ke daerah ini. ”Saya mengetahui goa Napalicin ini dari internet sewaktu di Belanda. Di luar negeri potensi yang ada di Ulu Rawas ini sudah sulit ditemui. Hal ini yang membuat saya optimis Goa Napalicin akan di datangi turis mancanegara,” paparnya kepada Koran ini (Radar) sesuai meninjau Goa Napalicin.

Dikatakan Gubernur, Goa Napalicin ini merupakan Parawisata berbasis lingkungan alam yang masih alami dan hutan yang masih rimba. Sebagaian besar wisatawan asing datang ke Indonesia hanya untuk melihat dan menikmani potensi hutan yang sulit ditemui di Negara mereka. ”Jika hutan di daerah ini sudah rusak dan habis maka dipastikan wisatawan tidak akan datang lagi ke daerah ini, karena selain nuansa alaminya sudah rusak dan juga ancamannya berupa banjir, longsor dan kebakaran terus mengancam mereka.” jelas Gubernur sembari mengatakan Hutan di Indonesia ini merupakan warisan dunia dan paru-paru dunia.

Diyakini Gubernur, saat ini Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) sudah mengalami kerusakan, jika kondisi ini tetap dibiarkan maka hutan akan habis, sungai tidak ada lagi yang jernih, goa Napalicin hilang dan bencana akan datang. ”Saya mengharapkan masyarakat Ulu Rawas khususnya dan masyarakat Indonesia umunya agar ikut serta menyelamatkan hutan dengan tidak menebang pohon dan menangkap oknum yang melakukan praktek illegal loging,” tegasnya.

Potensi Wisata alam goa napalicin ini, Pemerintah Propinsi (Pemprop) Sumsel akan membantu Pemkab Mura guna menjadikan daerah ini menjadi salah satu daerah kunjungan wisata baik tingkat lokal, regional, nasional maupun manca Negara. Supporting pemprov Sumsel, kata Gubernur, bersama-sama dengan Pemda Mura melengkapi infrastruktur daerah ini sehingga mudah dikunjungi.

”Saya akan bantu Pemkab Mura meningkatkan jalan menjadi hotmix sepanjang 20 km dan sarana serta prasaran listrik di daerah ini. Jika hanya Bupati sendian membangun obyek wisata ini maka tidak akan terbiaya.” tukasnya sembari mengatakan dirinya optimis Napalicin akan go internasional dan setara dengan pantai Kuta, Bali.

Di tempat yang sama Camat Ulu Rawas Ahmadi Zulkarnain, S.Sos mewakili masyarakat desa-desa yang ada di bawah kepemimpinannya atas janji Gubernur akan membantu peningkatan infrastruktur Di Ulu Rawas. Ia berharap agar janji gubernur ini dapat segera di realisasikan sehingga daerah ini akan banyak yang mengunjungi dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah ini. ”Saya mewakili masyarakat Ulu Rawas mengucapkan terimah kasih kepada Gubernur yang telah berjanji akan menghotmixkan jalan ke daerah ini dan menerangi daerah ini dengan aliran listrik,” jelasnya.

Selain itu, camat yang seluruh desanya masih kategori tertinggal dan sangat tertinggal ini juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Ulu Rawas agar berperan aktif dan memenuhi permintaan Gubernur guna menjaga hutan daerah ini. ”Masyarakat Ulu Rawas bisa berbangga karena potensi Hutan yang masih asli dan sebagain besar belum terjamah. Untuk itu saya berharap agar seluruh masyarakat turut menjaga hutan dan jangan merusaknya,” kata Zulkarnain sembari mengatakan akan melakukan rapat dengan tokoh pemuda dan masyarakat guna menyusun stategi pengamanan hutan.(Candra/Radar Pat Petulai)