Wisata Malang : Bendungan Selorejo

Wisata Malang – Bicara soal jalan-jalan, Malang merupakan salah satu kota yang memiliki banyak lokasi wisata yang unik nan indah. Salah satunya adalah Bendungan Selorejo, di Desa Selorejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Bagaimana keindahan Bendungan Selorejo, yang merupakan salah satu bendungan di Jawa Timur yang dikelola oleh Jasa Tirta I .

BAGI Anda yang belum pernah berwisata ke Bendungan Selorejo, mungkin dalam pikiran Anda muncul bahwa Bendungan Selorejo hanya sekadar bendungan biasa. Namun tafsiran itu salah besar. Bendungan Selorejo adalah salah satu wisata yang masih alami. Suhu udara yang sejuk serta dingin, terlebih ditambah dengan keindahan paronama semakin menambah daya tarik tersendiri sebagai tempat wisata. Baik wisata bersama keluarga ataupun teman.
Bendungan Selorejo, adalah satu diantaranya banyak bendungan di Malang yang dikeliling pepohonan. Selain itu, bendungan yang berada pada ketinggian 650 meter di atas permukaan laut dan terletak di sebelah barat sekitar 48 kilometer dari Kota Malang ini juga dikeliling gunung, sehingga menambah kesejukan udara yang dapat dirasakan.

Tidak itu, untuk menambagh daya tarik para wisatawan agar betah, Bendungan Selorejo juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang mungkin tak kalah menariknya dengan tempat wisata lain. Mulai dari taman bermain anak, kolam renang anak dan dewasa, jembatan gantung, motor boat, dayung, kolam pemancingan, flying fox hingga arena olah raga. Seperti lapangan sepak bola, lapangan volly, lapangan tenis sampai olah raga sepeda.

Bukan hanya sekedar tempat rekreasi saja. Bagi Anda yang gila makan ikan laut, Bendungan Selorejo ini juga bisa digunakan sebagai tempat kuliner dengan berbagai makanan ikan bakar atau goreng yang sedap dan maknyus. Mulai dari ikan bakar atau goreng gurami, mujaer, nila, tombro, udang dan beberapa ikan lainnya. Semua makanan itu dapat diperoleh di Food Center Bendungan Selorejo, yang berada persis di pinggir bendungan.

“Food Center itu sengaja ditempatkan di pinggir bendungan sehingga untuk nikmatinya bisa sambil menikmati bendungan,” ungkap Henky Mustafa, Sales and Marketing Bendungan Selorejo. Bahkan, bagi Anda yang gila memancing, di Bendungan Selorejo juga bisa dijadikan tempat mengail ikan dengan jumlah banyak sepuasnya. Baik ikan mujaer, nila ataupun ikan tombro. Alat untuk mancing pun juga disediakan. Hanya merogoh kocek sebesar Rp 5000, Anda sudah bisa mendapat alat pancing beserta umpan yang juga bisa dibawa pulang.

Pernak-pernik sovenir untuk oleh-oleh, mulai dari tas, gantungan kunci, kaos, pot bunga, peralatan dapur dan beberapa sovenir lainnya juga tersedia di Bendungan Selorejo. Hanya mendatangi kios sovenir milik Banjar, Anda bisa mendapat semua oleh-oleh yang Anda inginkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Akses jalan untuk menuju lokasi wisata Bendungan Selorejo inipun juga sangat mudah. Baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum. Bagi Anda yang naik kendaraan umum dari Kota Malang, hanya naik bus jurusan Kediri dari Terminal Landungsari, kemudian turun di jalan raya menuju lokasi Bendungan Selorejo. Dari situ hanya tinggal naik ojek Rp 10.000, lima menit Anda sudah sampai lokasi. Untuk pulangnya pun juga tak perlu takut, sebab jasa ojek diBendungan Selorejo ini tersedia sampai 24 jam.

Untuk kemanan sendiri, Bendungan Selorejo ini seratus persen dijamin Anda, sehingga tidak perlu khawatir adanya pelaku kejahatan. Sebab di setiap sudut dan lokasi wisata ini selalu dijaga oleh petugas kemananan. Bahkan, petugas parkir serta anggota payuban perahu dayung di Bendungan Selorejo, disiagakan untuk membantu kemanan pengunjung. Tarif masuk pengunjung Bendungan Selorejo, Rp 7500 per orang, sepeda motor Rp 1000, mobil Rp 3000 dan bus serta truk Rp 4000. (agp/mar)

Tempat Bermalam Outbond dan Training

SELAIN dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang menambah pengunjung betah berlama-lama, untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, Bendungan Selorejo ini juga disediakan Cottage dan Wisma (tempat penginapan). Jumlahnya ada 53 kamar dengan kapasitas sampai dengan 250 orang.

Lokasi tempat penginapan itu sendiri berada di pinggir Bendungan Selorejo sehingga jika bermalam bisa langsung menikmati keindihan Bendungan Selorejo pada saat malam hari. Fasilitas yang disediakan dalam tempat penginapan ini diantaranya welcome drink, telepon, televisi, lemari es, air panas dan lain-lain.

Tarif tempat penginapan yang disediakan ini bervariatif. Mulai dari tarif Rp 200.000 sampai Rp 750.000.

Untuk tarif Rp 200.000, terdiri dari satu kamar double dan dua kamar twin, dengan beberapa fasilitas lainnya, seperti Wisma Dahlia dan Wisma Flamboyan. Begitu juga dengan tarif Wisma Tirta sebesar Rp 750.000, terdiri dari empat kamar double dengan beberapa fasilitas.

Disisi lain, selain untuk berwisata bersama keluarga, teman dan rombongan, Bendungan Selorejo ini juga cocok untuk penyelengaraan beberapa kegiatan atau aktivitas. Seperti rapat (metting), seminar, lokakarya, out bond dan beberapa acara lainnya. “Untuk rapat kami menyediakan gedung pertemuan yang kapasitasnya 50 orang dan 70 orang, dengan tarif Rp 650.000 dan Rp 750.000,” terang Henky Mustafa.

Dari serangkaian kegiatan tersebut, Out Bond adalah kegiatan yang paling sering diadakan di Bendungan Selorejo, pada hari Sabtu dan Minggu. Bahkan tak tanggung-tanggung, dari Surabaya dan Jakarta pun tercatat paling sering melakukan kegiatan Out Bond di Bendungan Selorejo.

Bahkan, Bendungan Selorejo yang mempunyai lahan kosong berumput yang sangat luas ini juga sering digunakan untuk acara perkemahan. Hanya untuk tarif perkemahan, setiap orangnya dikenakan cash sebesar Rp 15.000. “Paling sering adalah kegiatan Out Bond yang satu paket dengan Flying Fox, karena hanya dibuka pada hari Sabtu dan Minggu,” jelas Henky. (agp/mar)

Sumber : http://malangsite.net

Photo : http://images.google.co.id