Obyek Wisata Di Bogor Utara

Kabupaten Bogor banyak sekali memiliki obyek wisata yang menarik. Anda tentu sudah mengenal Kawasan Puncak, atau kawasan Gunung Salak Endah yang pemandangannya begitu indah dan alami. Selain itu Anda juga dapat menikmati pemandangan atau obyek wisata menarik lainnya, khusunya di Daerah Tujuan Wisata Bogor Utara yang berbatasan dengan Kabupaten Cianjur di Desa Buang Jaya, dengan jarak tempuh ± 40 km dari pintu tol Cibubur melalui Cileungsi-Cariu. Di kawasan tersebut Anda dapat melihat lebih dekat kegiatan penangkaran rusa, yaitu Wana Wisata Giri Jaya. Adapun jenis rusa yang ditangkarkan antara lain rusa totol (axis-axis) rusa jawa (Timorensis) dan rusa bawean (azis kuhli).

Selain itu ada juga Taman Wisata Mekarsari yang ada di Cileungsi. Dengan luas ± 290 hektar, Taman Wisata Mekarsari dilengkapi dengan berbagai fasilitas, antara lain menara pandang, rekreasi anak, arena outbound dan lain-lain. Anda juga dapat melihat dan langsung menikmati berbagai jenis buah-buahan yang ada di sana, pengunjung dapat menggunakan kendaraan bus atau trems yang telah disediakan untuk berkeliling.
Bagi Anda yang suka dengan alam pegunungan dengan sumber air panasnya, dikawasan Bogor Utara pun terdapat sumber air panas Gunung Pancar, tepatnya di Kampung Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang. Jalur yang ditempuh bisa melalui Cibinong-Sentul-Babakan Madang, dengan jarak tempuh ± 45 menit dari pintu Tol Sentul.

Di Bogor Utara terdapat juga sebuah tempat yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Kebun Wisata Pasirmukti yang berada di Jalan Raya Tajur Pasir Mukti Km 4, Kecamatan Citeureup. Dengan luas seluruh areal ± 35 hektar, Kebun Wisata Pasir-mukti, memperkenalkan wisata pertanian berbasis education & entertainment (rekreasi sambil berlajar) kepada usia sekolah, bahwa Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian penduduknya masih bermata pencaharian sebagai petani.


Di samping lahan pertanian berupa kebun dan sawah, terdapat pula fasilitas lain seperti penginapan, rumah makan, peman-cingan dan paket-paket wisata yang intinya adalah kembali ke alam “back to nature”. Diharapkan obyek wisata ini dapat menjadi paru-paru bagi Kecamatan Citeureup. Di Jalan raya Cibubur-Jonggol terdapat sebuah pemukiman yang terkenal dengan sebutan Kota Wisata. Tempat ini merupakan salah satu obyek unggulan yang sangat menarik dan ramai dikunjungi wisatawan. Di dalamnya terdapat Kampung Cina, Belanda, Amerika serta fasilitas pendukung lainnya. Sedangkan di daerah Sentul terdapat Sirkuit Sentul yang merupakan sirkuit bertaraf internasional dengan berbagai fasilitas yang tersedia dan dapat menampung ribuan penonton.

Obyek Wisata Lainnya
Hutan Wisata Catang Malang yang berada di antara Desa Wargajaya dan Desa Sukawangi Kecamatan Sukamakmur, tak kalah menariknya, dengan dikelilingi oleh pohon pinus yang membuat suasana begitu indah serta udara dingin dan pada saat-saat tertentu sering terjadi kabut. Di obyek wisata ini terdapat tiga buah curug, yaitu Curug Cidulang, Ciherang 1 dan Ciherang 2. Lokasi ketiganya masih betul-betul alami, udaranya sangat dingin dan sering tertutup kabut. Letaknya bersebelahan dengan Kecamatan Cisarua dan Kabupaten Cianjur.

Kemudian ada lagi obyek wisata yang layak Anda kunjungi, dengan jarak tempuh ± 3 km dari jalan raya Jonggol Cariu tepatnya di Desa Tanjung Rasa Kecamatan Tanjung Sari, Anda akan menemukan Curug Country, merupakan obyek wisata yang potensial untuk dikembangkan karena bentuk curugnya yang lain dari pada yang lain serta suasana dan panoramanya yang masih alami. Orang sekitar menyebutnya sebagai miniatur dari air terjun Niagara yang ada di Amerika.

Buat Anda yang hobi memancing, Anda dapat mengunjungi beberapa Setu yang ada di Kabupaten Bogor, di antarnya adalah Setu Kemuning. Letaknya di Kampung Sudi Mampir, Desa Cimanggis Kecamatan Bojong Gede. Setu yang luasnya ± 10 hektar itu diperkirakan dibangun sejak tahun 1880, merupakan obyek wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan karena panorama yang indah dan memiliki mata air alami yang tidak pernah kering sepanjang tahunnya, di sana tersedia fasilitas sepeda air dan pemancingan. Alternatif lain adalah Setu Gunung Putri yang terletak disebelah pintu Tol Gunung Putri. Setu tersebut cukup menarik untuk dikunjungi, luasnya mencapai ± 9 hektar, panoramanya pun tak kalah dibanding Setu Kemuning. Ada lagi Setu Cikaret yang berlokasi ± 700 meter arah Utara Kantor Bupati Bogor. Setu tersebut dibuat pada tahun 1816 dengan luas ± 25 Hektar. Setu Cikaret merupakan obyek yang tepat untuk bersantai, memancing serta berekreasi air.

Beberapa Obyek wisata di atas merupakan sebagian kecil dari obyek wisata yang ada di Kabupaten Bogor. Masih banyak lagi obyek wisata menarik lainnya yang layak untuk Anda Kunjungi bersama keluarga. Jadi segera jadwalkan liburan Anda ke tempat-tempat menarik di atas, jadikan liburan Anda di Bogor sebagai liburan yang paling berkesan. (IP/Dinas Budpar Kab. Bogor)

Sumber : http://www.puncakview.com