Awal Kemarau Debit Air Bendungan Dam Jati Magetan Turun 50 persen

Magetan – Memasuki awal musim kemarau saat ini debit air di saluran irigasi Dam Jati Magetan mengalami penurunan debit air hingga 50%. Jika sebelum kemarau lalu biasanya dapat mengeluarkan air perdetik 6 ribu liter saat ini tinggal 3 ribu liter per detiknya.

Tukiman (45) penjaga bendungan Dam Jati kepada moderatofm.com Kamis (7/5/2009) mengatakan meski debit air telah menurun hingga separo dari biasanya namun belum ada laporan petani yang kengeluh kekurangan air.

“Memang 2 minggu ini sudah tidak hujan sehingga debit juga mulai turun separo, kalau biasanya sampai 6 ribu liter per detik ini tinggal 3 ribu saja,” jelas Tukiman lokasi.

Tukiman menambahkan bendungan irigasi damjati yang ada di Desa Gorang gareng Kecamatan Nguntoronadi Magetan yang diambil dari sungai Madiun untuk mengairi lebih dari 11 ribu hektar persawahan di 4 wilayah yakni Kabupaten Magetan, Kota dan Kabupaten Madiun serta Kabupaten Ngawi.

“Puncak kekeringan biasanya bulan agustus dan September debit pernah hanya 2000 liter per detiknya,” tambah Tukiman.

Pantauan moderatofm.com dilokasi bendungan damjati yang terletak di perbatasan Kabupaten Magetan dan Madiun tersebut tampak beberapa warga yang memanfaatkan surutnya debit air dengan memancing ikan.

Sumber : http://moderatofm.com

Photo : http://images.google.co.id