Pertumbuhan Pariwisata Indonesia Terus Meningkat

YOGYAKARTA--MI: Krisis global yang juga menerpa industri pariwisata dalam bentuk penurunan jumlah wisatawan tidak mempengaruhi Indonesia.

Menurut Menteri Pariwisata dan Kebudayaan (Menparbud) Jero Wacik, pada masa krisis ini, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Indonesia terus mengalami kenaikan. Tetapi ia mengakui pertumbuhannya melambat.

"Hingga April ada pertumbuhan 1,5 persen. Karena itu, pemerintah menargetkan sampai akhir tahun kenaikannya sekitar dua hingga tiga persen," katanya.

Ia mengatakan itu sebelum meresmikan Kawasan Wisata Kuliner Pantai Depok, Bantul, dan peluncuran pemberian bantuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri di Yogyakarta, Rabu (17/6).

Bantuan PNPM Pariwisata Mandiri itu menghabiskan dana sebesar Rp8,5 miliar yang diperuntukkan bagi 100 desa berbasis wisata di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut Jero Wacik mengatakan, di tengah kondisi regional Asia Tenggara yang menurun, sebaliknya pertumbuhan wisatawan mancanegara Indonesia justru naik walau hanya 1,5%. (AU/OL-01)
Sumber : http://www.mediaindonesia.com