Kesenian Tradisional Sunda/jawa barat

Kesenian Calung dan Wayang Golek


Banyak sekali seni dan kesenian yang dimiliki oleh masyarakat jawa barat, diantaranya kesenian calung dan wayang golek. Kesenian ini telah lama dikenal dan menjadi icon serta kesenian yang cukup diminati. Kesenian calung merupakan seni panggung yang biasanya terdiri dari 4-5orang seniman, dimana dalam pementasanya personel calung selalu berpakaian seragam sama kecuali pemimpin selalu berbeda dengan yang lainya dan membawa alat arumba sejenis angklung. Seni calung merupakan kesenian hiburan didalamnya selalu identik dengan guyonan ataupun lawakan tentang kehidupan sehari-hari, dan biasanya memiliki ajakan posotif. Seni hiburan ini biasa ramai apabila banyak orang sunda yang melaksanakan hajatan perkawinan ataupun juga khitanan untuk menghibur para tamu undangan. Keberadaan kesenian calung serta wayang golek ini diharapkan tidak pupus oleh kemajuan jaman agar kesenian ini tetap langgeng dan terus terlestarikan.

Salah satu group kesenian calung yang telah lama ini terus eksis yaitu PANDAWA GROUP yang mulai dirintis sejak tahun 2002. dan dipimpin oleh seorang ketua yaitu Kang DEOL.
Keberadaan group ini pun telah memberikan warna serta ikut melestarikan budaya sunda, meskipun kedudukan GROUP PANDAWA berada di PANULISAN TIMUR, DAYEUH LUHUR KAB. CILACAP. Bersama dengan rekan-rekan seniman groupnya, Kang Deol telah melanglang buana di berbagai tempat dijawa barat, dan selalu mendapatkan tawaran untuk manggung.


Tawaran-tawaran itu tentunya berkat kekompakan serta kepiawaian mereka sehingga mendapat hati dimata mayarakat. Tidak hanya seni calung yang ditawarkan group ini, tetapi juga mereka mempunyai kemahiran dalam kesenian
- Wayang Golek
- seni ibing
- upacara adat sunda
- jaipong dangdut
dan memiliki banyak penyanyi-penyanyi dangdut yang tidak kalah oke dengan para artis ibukota yang selalu tampil di televisi.
Semoga dengan keberadaan group PANDAWA ini, budaya sunda tidak cepat dilupakan oleh generasi muda jawa barat.
Dan bagi rekan-rekan yang berminat untuk mempelajari kesenian sunda (calung wayang golek)dan lainya, bisa menghubungi langsung
di : 085223329578

Sumber : http://www.cisagaall.co.cc