Batik Pembangunan Di Kota Lain


Setelah perang di 1830, dari sahabat-sahabatnya Dipenogoro disajikan batik di Sokaraja-pusat batik di Banyumas dan tempat Najendra, salah satu Diponegoro kompanyon ditingkatkan dip batik-yang tak dikelantang polos kain tenun yang digunakan adalah produk diri dan pewarna yang digunakan adalah pohon tom , kecepatan dan bengkudu pohon pohon di mana mereka memberi warna merah dan kuning. Dari waktu ke waktu, Batik produksi telah dikembangkan di Sokaraja. Pada akhir abad 19., Mereka langsung melakukan kerjasama dengan batik maker dari Solo dan Ponorogo. Batik produksi daerah yang ditempatkan di Banyumas sudah dikenal sejak beberapa tahun lalu. Itu karena desain dan warna tertentu. Panggilan ke hari orang-orang di Batik Banyumas. Setelah Perang Dunia I, Cina tidak hanya menjadi pedagang batik tetapi juga bahan batik pedagang.

Demikian pula produksi batik di Pekalongan, ini menyebar ke wilayah lain: Buaran, dan Kedungwuni, Wiradesa, dll Batik produksi daerah-daerah yang tidak terlalu lama dari yang di kota-kota lain. It was about 19. Abad. Sementara itu, Yogyakarta dan Solo batik dan pembangunan daerah lainnya yang dekat hubungannya dengan sejarah perkembangan kerajaan Yogya dan Solo.

Setelah akhir Diponegoro melawan, keluarga kerajaan pada pindah dari Yogya - karena mereka tidak mau bekerja sama dengan kolonial Belanda dan batik telah menjadi terkenal dan kemudian menjadi mata pencaharian. Di daerah baru ini, desain telah disesuaikan dengan lingkungan sekitarnya.

Dengan mempertimbangkan proses-nya dan desain, batik Pekalongan itu sepenuhnya dipengaruhi oleh batik dari Demak. Pada awal abad ke-20, yang populer adalah batik proses handwritten batik. Tak dikelantang polos kain yang dibuat dari kedua produk domestik dan impor. Setelah Perang Dunia I, batik cap dan penggunaan obat-asing yang terbuat dari Jerman dan Inggris-baru saja dikenal.

Pada awal abad ke-20, yang menenun, yang menghasilkan benang ikat pinggang yang twined dengan cara yang mudah, yang ditemukan di Pekajangan untuk pertama kalinya. Beberapa tahun kemudian, batik baru saja dikenal. Ia diproses oleh karyawan yang bekerja di sektor menenun. Batik terus berkembang lebih cepat dari tenun ikat pinggang. Selain itu, sebagian besar karyawan pabrik gula di Wonopringgo dan Tirto pernah dipindahkan pada perusahaan batik karena gaji tinggi.

Pada akhir abad 19., Batik dikenal di Tegal. Bahan-bahan yang digunakan adalah produk dalam negeri yang diambil dari berbagai tanaman: bengkudu, nila, soga pohon. Untuk menenun, produk itu sendiri. Untuk pertama kalinya, warna Tegal adalah batik sogan dan babaran abu-abu. Kemudian, ia menambahkan dalam nila (indigo) dan merah-biru. Dalam periode ini, Tegal batik disalurkan luar seperti Jawa Barat. Pedagang yang dibeli di kaki. Secara historis, itu mereka yang hadir batik di Tasik dan Ciamis. Selain itu, baru lainnya comers dari Jawa Tengah telah berpartisipasi dalam mengembangkan batik di daerah ini.

Pada awal abad ke-20, setelah Perang Dunia I, impor tak dikelantang polos kain dan impor obat baru saja dikenal. Sebagian besar pengusaha batik Tegal telah kehabisan modal. Mereka mengambil dasar komoditas dari Pekalongan pada kredit. Dan mereka yang dijual ke Cina yang memberikan kredit mereka. Ketika terjadi krisis ekonomi, yang dijual adalah batik dari Tegal perlambatan bawah. Dari 1934 ia kembali ke awal Perang Dunia II. Ketika Jepang menduduki di Indonesia, batik menjadi lambat lagi.

Demikian pula di Purworejo. Ini terjadi pada waktu yang sama dengan batik di Kebumen. Keduanya berasal dari Yogyakarta sekitar abad 21th. Batik pembangunan di Purwerojo itu lebih cepat dari yang di Kebumen. Sedangkan untuk produksinya, ia produk yang sama seperti Yogyakarta dan Banyumas.

Dalam Bayat, desa yang terletak di kaki Gunung Merapi, sekitar 21 km di sebelah timur dari Klaten, batik telah dikenal dalam waktu yang lama yang lalu. Sesungguhnya sejarahnya memiliki hubungan erat dengan istana Surakarta. Di Kebumen, batik telah ada sekitar abad 19.. Itu disampaikan oleh Jogja pengunjung dalam kasus menyebarkan Islam. Sumur-figur yang Penghulu, pemimpin Islam, Nusjav. Ia orang yang mengembangkan batik di Kebumen dan menetap pertama terletak di sebelah timur dari Sungai Lukolo. Nya warisan adalah sebuah masjid. Proses batik pertama di kota ini disebut "Teng abang atau Blambangan".

Akhirnya, proses terakhir dilakukan di Banyumas atau Solo. Berkaitan dengan pola, ia menggunakan kunyit yang cap yang terbuat dari kayu. Sementara itu pola dan pohon jenis burung. Bahan lainnya yang digunakan adalah bengkudu pohon, kemudu dan nila tom.

Penggunaan obat-obatan impor telah dikenal sekitar 1920. Itu disampaikan oleh BRI karyawan. Untuk mengurangi biaya waktu, akhirnya dia meninggalkan produk itu sendiri. Penggunaan cap sudah dikenal pada tahun 1930 yang disajikan oleh Purnomo dari Yogyakarta. Batik daerah di Kebumen yang Watugarut, dll Tanurekso

Oleh saat ini tentang warisan sejarah dan yang terakhir, mungkin akan mempertimbangkan bahwa batik telah dikenal sejak masa Tarumanegara di Tasikmalaya. Salah satunya adalah pohon Tarum. Ia menjabat sebagai proses batik. Desa untuk tetap membuat batik ini adalah Wurug, Sukapura, Mangunraja, Maronjaya dan Tasikmalaya kota. Untuk waktu yang lama yang lalu, yang paling ramai adalah tempat Sukapura dan Indihiang-desa yang terletak di perbatasan Tasikmalaya-kota dan 19. Dalam 18. Abad, perang dari kerajaan Jawa Tengah terjadi. Ia memimpin sebagian besar penduduk di Tegal, Pekalongan, Banyumas dan Kudus pengunjung ke wilayah barat dan tinggal di Ciamis dan Tasik. Kebanyakan dari mereka adalah pengusaha batik dan mereka berlari perdagangan batik di sana. Oleh karena itu, ia dikenal dengan produksi batik Soga yang berasal dari Jawa Tengah. Peristiwa batik produksi batik di Tasikmalaya adalah kombinasi dari Pekalongan, Tegal, Banyumas dan Kudus. Ia berbagai desain dan warna.

Di Ciamis, batik sudah dikenal di abad 19., Setelah Perang Diponegoro. Itu karena peran Diponegoro sekandang. Mereka telah disajikan dan dibuat sebagai mata pencaharian. Materi yang digunakan untuk kain tenun itu sendiri. Untuk lukisan, ia dibuat dari pohon seperti bengkudu dan pohon tom. Untuk pola, hal ini merupakan kombinasi dari batik Jawa Tengah dan produk lokal terutama garutan pola dan warna. Hingga abad ke-20, produksi batik di Ciamis telah berkembang langkah demi langkah diri dari permintaan untuk pasar distribusi.

Di Cirebon, asal batik berasal dari Kanoman, Kasepuhan, dan Keprabonan. Ia cerita yang sama seperti Batik Yogyakarta dan Solo. Namun, dengan fitur khusus yang flora dan fauna gambar. Ada juga pantai pola pikiran dipengaruhi oleh Cina dan Garuda burung, dipengaruhi oleh batik Yogya dan Solo.

Seperti daerah lain, di Jakarta, batik sudah dikenal di abad 19., Jawa Tengah yang disajikan oleh pengunjung. Batik daerah yang beredar di Jakarta adalah Karet, bendungan Ilir dan Udik, Kebayoran lama, Mampang Prapatan serta Tebet. Sebelum Perang Dunia I, Jakarta, khususnya pasar ikan Harbor, interregional telah menjadi pusat perbelanjaan di Indonesia. Setelah Perang Dunia I, ketika cap batik yang telah dikenal, produksi batik meningkat dan pedagang batik mencari daerah yang baru sedangkan yang tekstil dan batik di Jakarta adalah kawasan Tanah Abang (yang paling terkenal dari orang lain), Jatinegara dan Jakarta Kota. Batik produksi lokal dari Solo, Yogya, Banyumas, Ponorogo, Tulungagung, Pekalongan, Tasikmalaya, Ciamis dan Cirebon berkumpul di Tanah abang dan telah dikirim ke daerah lain dari Jawa. Dibandingkan dengan Cina dan Arab pedagang batik, Indonesia lebih kecil dari yang lain. Berdasarkan fakta ini, mereka memiliki inisiatif untuk mendirikan perusahaan batik di Tanah abang, Jakarta.

Setelah Word War I, adalah pengusaha batik China yang tiba karyawan dari Pekalongan, Yogya, Solo juga sebagai tenaga kerja lokal. Selanjutnya, setelah mempertimbangkan proses-nya, asal penduduk menyiapkan batik Perusahaan pola dan proses yang telah disesuaikan oleh Pekalongan, Yogya, Solo, dan Banyumas batik. Komoditi batik yang digunakan adalah produk tenun diri juga sebagai obat-obatan, yang terbuat dari bengkudu, kayu, dll kunir dasar kain katun halus menjadi terkenal dan distribusi berada di pasar Tanah Abang pasar dan sekitarnya. Selain itu, batik yang menyebar di beberapa bagian kota: Padang, Sumatera Barat, dan daerah lainnya dari Jawa.

Pada akhir Perang Dunia I, Sumatera Barat adalah salah satu pelanggan batik dari Pekalongan, Solo dan Yogya. Namun, tangan-tenun Silungkang dan tenun plekat-wujud pertama dari orang lain.

Setelah Jepang, terdapat kekurangan stok batik di Padang sedangkan permintaan terus meningkat dari hari ke hari. Pelanggan memerintahkan untuk kegiatan mereka sehari-hari. Ada yang serius yang disebabkan oleh konflik antara Sumatera dan Jawa serta blockades Belanda. Terkait dengan hal ini, para pedagang batik itu mencoba untuk memproduksi sendiri batik. Dengan memiliki produk sendiri dan melaksanakan penelitian canggih batik dari luar Jawa, mereka mengambil pola dan diterapkan dalam kayu sebagai alat cap. Batik sendiri obat yang digunakan adalah produk yang terbuat dari berbagai tanaman: bengkudu, kunyit, gambir, damar dll White memiliki latar belakang yang diambil dari bekas / second hand satu tangan dan produk tenun.

Dalam 1946, perusahaan pertama yang muncul di wilayah sampan, Padang Pariaman: Bagindo Idris, Sidi, Ali, Sidi Zokaria, Sutan Salim, Sutan Syamsudin dan Payakumbuh. Dalam 1948, ia muncul Sir Waslim (dari Pekalongan) dan Sutan Rajab. Pada tahun 1949 kebanyakan mereka menyiapkan Batik Perusahaan menggunakan bahan yang dibuat di Singapura melalui pelabuhan Padang dan Pekanbaru. Setelah buka kerja sama dengan Jawa, bahkan mereka tidak dapat menjalankan bisnis mereka. Sebagian besar dari Padang batik telah hitam, kuning, merah dan warna ungu. Mereka digunakan Banyumasan, Indramayu, Yogya, Solo dan pola. Saat ini, pola yang lebih baik dari sebelumnya. Namun, jauh lebih buruk daripada yang di Jawa. Yang digunakan adalah alat stempel yang terbuat dari logam dan sebagian besar dari produksi yang sarung.

Sumber : http://article.linggageni.com

Foto : http://images01.olx.co.id