Museum Sekolah Slawi


Latar Belakang dan Sejarah
Pada awalnya tahun 1974 Bapak Karseno Kepala Pandidikan Dasar dan Luar Biasa Propinsi Jawa Tengah hadir di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tegal dan melihat banyak buku-buku berserakan dan banyaknya sarana dan prasarana sekolah dengan tempat yang berpindah-pindah, sehingga bila dilihat keadaannya memprihatinkan karena buku-buku dan srana tersebut sangat-sangat diperlukan dalam pendidikan, maka atas saran Beliau agar dibuatkan sebuah gedung/museum untuk penempatan buku dan sarana prasarana sekolah tersebut agar terawat dan tertata rapih memudahkan bila dibutuhkan.

Maka pada tahun 1980 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal berupaya membangun sebuah Museum diatas tanah seluas + 554 m2 dengan sumber dana dari APBD II Kabupaten Tegal dengan nama Museum Sekolah Slawi

Museum Sekolah Slawi merupakan satu-satunya museum yang memberikan gambaran tentang perkembangan kegiatan pengajaran di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah, mulai dari pengajaran yang sifatnya informal di perguruan-perguruan tradisional maupun pesantren-pesantren hingga pengajaran yang sifatnya formal yaitu di sekolah-sekolah mulai dari jaman Jepang sampai sekarang.

Ditampilkan juga sarana pembelajaran yang dipergunakan dari masa ke masa, termasuk juga ijazah atau surat tanda tamat belajar dari masa ke masa. Museum ini menempati gedung PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Kabupaten Tegal di Jalan Raya Utara, Procot, Slawi. Dikelola di bawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal dan buka tiap hari Senin – Sabtu pada jam kerja.

Lokasi Museum
Jalan Ahmad Yani Procot - Slawi

Peta Lokasi

Peta Lokasi Museum Sekolah Slawi

Transportasi
Jarak tempuh dari Terminal Bus : 1 Km
Jarak tempuh dari Stasiun KA : 1 Km

Fasilitas
Luas Tanah / Luas Bangunan : 554 m2 / 240 m2
- Ruang Pameran Tetap
- Ruang Penyimpanan Koleksi
- Ruang Administrasi
- Toilet

Organisasi
Jumlah Pegawai 5 orang
Bagian Administrasi : 4 orang
Cleaning Service : 1 orang

Program Museum
Pameran Khusus, Pameran Keliling.

Sumber :
http://www.museum-indonesia.net

http://www.museumronggowarsito.org