Pantai Santolo


Salah satu pantai yang populer terdapat di Kab. Garut adalah Pantai Santolo. Terletak di kec. Cikelet, sebelah selatan pusat kota Garut, jarak tempuh dalam waktu 3,5 jam perjalanan atau sekitar 88 km.

Panati ini cukup dikenal di kota Bandung dan merupakan daerah tujuan wisata . Kawasan Pantai Santolo merupakan berkumpulnya nelayan tradisional yang akan dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata yang indah. Juga merupakan daerah untuk kegiatan nelayan sebagai dermaga (pelabuhan) kapal ikan atau perahu yang ada di Pameungpeuk.

Menikmati panorama pantai dan biota laut,merupakan aktivitas wisata yang dapat dilakukan. Tersedia juga sewaan perahu yang melayani wisatawan untuk menikmati deburan pantai ombak selatan yang cukup menantang. Selain itu kita bisa menikmati hidangan makanan laut yang segar dengan sajian yang sederhana. fasilitas yang dibutuhkan wisatawan cukup tersedia seperti losmen, kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau.

Bagi yang suka pantai dan ketenangan, pantai ini cocok buat kamu. biayanya juga tidak memberatkan kantong, cukup dengan 50ribu sampai 100rb kamu bisa menginap sehari semalam, atau kalo mau menyewa rumah cukup dengan mengeluarkan antara 200ribu sampai 300ribu tergantung kualitas rumahnya. Angkutan buat menjangkaupun cukup mudah untuk didapatkan. Kita bisa menjangkaunya menggunakan angkutan pribadi maupun angkutan umum.

Perjalanan dari kota Garut menuju pantai Santolo pun sudah merupakan petualangan tersendiri, bagaimana tidak, kita harus melewati hamparan kebun teh yang sering tertutup kabut serta hutan yang masih terawat baik. meskipun melewati kebun teh dan hutan, jalan yang dilewati termasuk kategori baik dan nyaman, tapi tetep harus hati-hati lho lewatnya. Hati-hati karena kita bakal melewati rute pegunungan dan kebun teh yang berkabut tebal dengan jarak pandang 10 meter.

Kalo mau pake angkutan umum juga bisa, dari Bandung ke Garut ke Pamengpeuk bisa dicapai menggunakan mobil elf atau bus umum jurusan bandung-garut-pamengpeuk. setelah sampai di pamengpeuk bisa menggunakan kendaraan angkudes ke pantai santolo langsung.

Sumber :
http://pariwisata.garutkab.go.id
http://alifurrahman.blogspot.com
Foto : http://images.lietaz.multiply.com