Pantai Pasir Panjang


Kota Singkawang dikenal sebagai Kota Amoy dan China Town-nya Indonesia, karena mayoritas penduduknya (sekitar 70%) merupakan etnis Tionghoa. Mengunjungi kota yang berbatasan langsung dengan Negara Bagian Serawak, Malaysia ini, tentu belum lengkap bila belum mengunjungi Pantai Pasir Panjang.

Pantai yang menjadi ikon pariwisata Kota Singkawang dan salah satu objek wisata andalan Provinsi Kalimantan Barat ini telah dikembangkan menjadi sebuah paket wisata terpadu bernama Taman Pasir Panjang Indah (TPPI). Dinamakan dengan Pantai Pasir Panjang karena pantainya membentang panjang melengkungi laut lepas.

Kota Singkawang berjarak sekitar 142 kilometer dari Kota Pontianak, ibu kota Provinsi Kalimantan Barat. Dari Bandara Supadio atau Terminal Bus Pontianak, pengunjung dapat naik taksi, travel, atau bus sampai Kota Singkawang. Dari pusat Kota Singkawang, Pantai Pasir Panjang berjarak sekitar 17 kilometer lagi. Pengunjung dapat mengaksesnya dengan menggunakan taksi, bus, atau minibus.

Pantai Pasir Panjang adalah Obyek wisata yang paling menarik di Singkawang Pantai ini dapat dicapai dengan kendaraan selama 20 menit (17 Km) dari pusat Kota Singkawang ke arah Pontianak. Pantai sepanjang 3 Km ini memiliki pasir yang putih dan air yang tenang. Kondisi jalan masuk telah beraspal dan tersedia kendaraan umum menuju ke tempat ini. Pantai dengan keindahan hamparan pasir putih dan bebatuan serta panorama alamnya yang masih alami, ditambah dengan dengan air laut yang tenang dan jernih menambah indahnya suasana terutama pada saat matahari terbit dan terbenam.

Pulau Randayan Kecil dikenal akan keindahan panorama batu-batu karang dan berbagai jenis ikan tropis serta kehidupan laut lainnya. Pulau ini memiliki pantai dengan warna air yang sangat indah, cocok untuk olah raga menyelam. Tersedia vila-vila kecil yang menghadap ke laut dengan panorama yang menarik. Tempat ini dapat dicapai dalam dua jam dengan mengendarai speed boat dari Pantai Pasir Panjang. Pantai Batu Payung terletak tidak jauh dari Pantai Pasir Panjang dan menawarkan sejumlah keindahan alam dan panorama dengan pulau-pulau kecil yang menghijau di kejauhan. Obyek wisata ini adalah tempat yang cukup tenang untuk beristirahat. Pantai Batu Payung memiliki pasir yang putih dan bebatuan yang menjorok ke laut. Pantai Gosong terletak di sebelah selatan Kota Singkawang dengan jarak tempuh sekitar satu jam, dan di sepanjang jalan menuju lokasi wisata ini terlihat keindahan desa-desa yang dilalui.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas dan panorama Pulau Semesak di kejauhan, di sebelah barat pantai terdapat sebuah bukit bebatuan yang tingginya mencapai 30 meter. Taman wisata Bougenville kawasan wisata yang berada 6 kilometer sebelah selatan dari pusat Kota Singkawang terletak diwilayah perbukitan Pangmilang serta dikelilingi oleh gunung-gunung, menjadikan bukit ini terasa sejuk dan nyaman. Dinamakan Bukit Bougenville karena diareal taman ini ditumbuhi dengan berbagai jenis species bunga bougenville yang bibitnya tidak hanya berasal dari alam lokal akan tetapi juga ada yang sengaja didatangkan dari luar negeri.Pada taman bougenville ini juga telah berhasil dikembangkan sebanyak 46 species tanaman Bougenville. Kesejukan hawa alam pegunungan dan hamparan bunga bougenvile yang tertata apik menambah semaraknya suasana hati untuk berlibur bersama keluarga.

Pantai Pasir Panjang Singkawang Dari bibir pantai, pengunjung dapat menikmati panorama laut biru berlatar kaki langit yang juga biru. Samar-samar di kejauhan membias hijau Pulau Lemukutan, Pulau Kabung, dan Pulau Randayan yang dipagari perairan Laut Natuna. Hamparan pasir pantainya yang luas dan bersih menjadikan kawasan ini nyaman digunakan untuk berjemur.

Air lautnya yang jernih dan bersih sangat mendukung aktivitas pengunjung yang ingin berenang atau menyelam. Selain itu, ombaknya relatif besar dan menjadi rumah bagi banyak ikan, sehingga tepat sekali digunakan sebagai arena berselancar dan area memancing.

Suasana kawasan ini kian eksklusif menjelang detik-detik terbenamnya matahari (sunset) di balik pulau-pulau yang terdapat di sekitar kawasan pantai ini. Pengunjung dapat menikmatinya dari pinggir pantai atau dari pondok-pondok wisata yang banyak terdapat di kawasan tersebut.

Bila bosan di pantai, pengunjung dapat melihat-lihat kehidupan masyarakat kampung nelayan yang tidak terlalu jauh dari lokasi pantai, atau bersantai di shelter-shelter yang terdapat di Semenanjung Cinta.

Akomodasi dan Fasilitas Lainnya
Pantai Pasir Panjang Singkawang Di kawasan Pantai Pasir Panjang terdapat pusat informasi pariwisata, diskotik, persewaan speed boat, sepeda air, darmoling, gokart, shelter-shelter, pondok wisata, dan toko suvenir.

Pengunjung yang tidak terbiasa berenang di pantai dapat berenang di kolam renang yang tersedia, sedangkan yang tidak suka berenang atau pun berjemur dapat mengelilingi pantai dengan naik banana boat. Pengunjung yang membawa anak-anaknya tetap bisa bersenang-senang karena di kawasan ini tersedia arena bermain anak-anak.

Pengunjung Pantai Pasir Panjang tidak bakalan kesulitan mencari makanan karena di kawasan ini sudah ada restoran, kafe, warung makan, dan pedagang asongan.

Begitu juga bagi pengunjung yang ingin menginap, tidak perlu repot membawa tenda atau sleeping bag karena di kawasan ini sudah tersedia wisma dan hotel dengan harga relatif terjangkau.(dd)

Sumber :
http://www.bkppontianak.web.id
http://www.pasirpantai.com