Kesenian Reog


Kesenian Reog konon disebut juga Kesenian Ogel atau Doblang. Lain dengan pendapat di atas, Atik Soepandi (1988 mengemukakan bahwa reog merupakan perkembangan dari Kesenian Ogel, sedangkan Ogel sendiri merupakan perkembangan dari Kesenian Doblang. Yang dimaksud Kesenian Doblang adalah seni karawitan yang terdiri atas 4 (empat) buah dogdog terompet, angklung, dan gong.

Untuk menelusuri Kesenian Reog ini, tidak banyak sumber tertulis yang mengungkapkannya. Dari beberapa kali pencarian referensi, hanya didapat sumber tertulis mengenai Ogel, dan sedikit Reog. Di sana dijelaskan bahwa reog adalah jenis kesenian tradisional yang memiliki penggemar khusus dan dihargai sebagai seni budaya yang komunikatif, dialog dengan mimic yang tidak dibuat-buat, efektif yang menghidangkan dinamika seperti tabuh dogdog, seni suara, karawitan, humor yang segar, dan tema berupa sempal guyon yang pada umuumnya menyampaikan prigram pembangunan membantu usaha pemerintah secara luwes melalui dialog hidup tanpa pidato yang dipaksakan.

Penjelasan mengenai arti istilah Reog tidak diketahui secara pasti. Untuk mengethui apa yang dimaksud Kesenian Reog kiranya dapat ditelusuri dari Ogel. Ogel berasal dari kata uga-ogel gual-geol yaitu getrkan-gerakan anggota badan yang lucu agar penonton terhibur, menjadi gembira, penuh gelak tawa. Peralatan pengiring Kesenian Ogel terdiri atas empat buah dogdog yang meliputi dogdog besar yang disebut dengan jongjrong, dogdog kecil disebut panempas, dogdog terkecil tilingtit, dan dogdog terbesar disebut bangbrang. Keseluruhan dogdog tersebut berfungsi sebagai melodi ritmik dan metric, sebuah terompet sebagai melodi serta angklung sebagai iringan.

Dalam Kamus Ensiklopedia Nasional Indonesia jilid 11 (1990:256) dijelaskan bahwa ogle berasal dari kata gual-geol yang berarti gerakan pantat yang lucu, suatu bentuk musik tradisional Sunda dengan waditra kendang (dogdog) dan angklung ubrug (angklung besar). Ogel menggunakan laras atau tangga nada salendro, degung atau nyorog. Ogel biasa digunakan sebagai hiburan masal dalam pesta perkawinan atau khitanan.

Dalam kesenian Reog peralatan pengiringnya sama dengan peralatan gel, yaitu empat buah dogdog, sebuah terompet, serta angklung hanya ditambah lagi dengan dua buah saron barung sebagai rangka lagu,, sebuah rebeb sebagai melodi, kendang, serta kulanter sebagai pengatur irama dan pendukung gerak, kempul gong sebagai oemangku irama yaitu menjaga agar tempo tetap, dan sering pula ditambah akordeon sebagi waditra melodi.

Cara penyajian dalam Kesenian Ogel, pukulan empat buah dogdog membentuk motif-motif sebagai berikut :

Ngaleunggeuh, motif pukulan sebagai isyarat babak pertunujukan akan segera dimulai;
Ngarajah, mengiring lagu pembukaan/kidung sebagai kata pengantar dan memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selamat dalam menjalankan tugas;
Kempringan, untuk mengiringi lagu-lagu;
Dengdengtung, motif pukulan untuk mengiringi gerak dan langkah kaki yaitu dua langkah maju dan dan selangkah mundur. Ini mempunyai makna bahwa setiap pekerjaan harus mencontoh pada pengalaman yang lalu, merencanakan proses yang akan dating agar hasilnya baik kuantitas maupun kualitas lebih baik dari yang telah dikerjakan;
Tabeuh jalan, pengiring saat para pemain sedang berjalan atau berkeliling;
Tabeuh saliwat, motif pukulan peralihan menuju atraksi-atraksi humor;

Ngabendrong, motif pukulan bubaran, memberi isyarat bahwa pertunjukan telah selesai.
Lain dengan Ogel, cara penyajian dalam Kesenian Reog telah lepas dari komposisi motif-motif pukulan yang terdapat di atas. Perbedaan lainnya, dalam Ogel pertunjukan humornya ditempatkan pada saat para penonton telah mengantuk, sedangkan dalam Reog, kadang-kadang disajikan pada waktu sore hari ketika para penontonnya masih dalam kondisi segar.

Tidak diketahui secara pasti kapan munculnya Kesenian Reog di Jawa Barat. Hanya saja, dari hasil kegiatan penelitian di lapangan yang dilakukan di Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, dituturkan oleh seorang informan bahwa Kesenian Reog tumbuh sejak lebih kurang tahun 1960-an. Pada saat itu kesenian ini lebih dikenal dengan sebutan "Ogel". Di lokasi tersebut (Kecamatan Ciparay), perkumpulan Reog terdapat di beberapa desa, salah satunya adalah Desa Pakutandang.

Pelatih Reog saat ini merupakan keturunan pemain Reog terdahulu. Dahulu, kesenian ini dipertunjukan pada hajat sunatan (khitanan), mandi kembang, serta untuk mengisi acara hiburan seusai marhabaan (upacara adat menyambut kelahiran bayi). Pada perkembangan selanjutnya, dalam acara khitanan lebih sering menggunakan Kesenian Singa Depok dari Sumedang. Dewasa ini, Kesenian Reog biasa dipentaskan pada acara hari jadi Indonesia atau suatu instansi, pernikahan, serta sekali-kali dalam acara sunatan.

Dahulu, peralatan pengiring Kesenian Reog di Pakutandang terdiri atas: kendang, goong buyung (terbuat dari drum), serta angklung, dengan lagu-lagu di antaranya beijudul Awi Ngarambat, Keretegan, Kembang Asih, serta Tarompet. Peralatan tersebut, dahulu dibuat sendiri oleh orang tua mereka. Adapun 1 sekarang, peralatan pengiring Kesenian Reog ini berupa: dogdog, kendang, gong besar dan kecil, tarompet, kecrek, serta angklung, dengan lagu-lagunya yang sering dibawakan berjudul Banda Urang serta Adu Manis. Peralatan tersebut kini diperoleh dengan cara membeli dari Bandung. Selain perlengkapan alat pengiring, perlengkapan lainnya seperti pakaian pemain; berupa kampret, sarung, ikat kepala, serta celana panjang hitam.

Dahulu, pemain Reog berjumlah empat belas orang untuk dua babak permainan, dengan satu kali permainan terdiri atas empat orang pemain, lima orang nayaga, serta seorang cadangan. Setelah selesai babak pertama yang berlangsung selama lebih kurang dua setengah jam, kemudian diganti oleh empat orang pemain lainnya. Namun dewasa ini, kelompok Reog beranggotakan lima orang sebagai nayaga, seorang sebagai cadangan, dan empat orang sebagai pemain. Dengan tidak adanya pemain pengganti, maim permainan hanya dilakukan satu babak, dengan pertimbangan bahwa setiap pemain hanya mampu bermain selama lebih kurang dua setengah jam.

Bagi setiap anggota kelompok kesenian ini, ada pantangan atau tabu "ada main" dengan perempuan sebab akan berakibat hancurnya karir. Oleh karena itu, jika hendak pentas setiap anggota dilarang keluar/berkeliaaran di luar tempat pentas. Selain itu, ada tradisi yang masih berlanjut sampai sekarang yaitu apabila hendak pentas, pemimpin rombongan melaksanakan ngukus (membakar kemenyan) terlebih dahulu. Adat ini dilakukan mengikuti adat orang tuanya. Perlengkapan untuk ngukus berupa sesajen diantaranya terdiri atas: air kopi, rujak, bunga-bunga, serta serutu yang merupakan kesukaan karuhun (leluhur). Ngukus ini dimaksudkan untuk menjaga keselamatan agar tidak terkena gangguan mahluk gaib. Sedangkan usaha untuk menarik banyak penggetnar diupayakan dengan pembacaan mantra.
Peralatan yang digunakan dalam Kesenian Reog beserta fungsinya adalah sebagai berikut :

Angklung
Angklung adalah idiophone yang dibuat dari seruas bambu, cara membunyikannya dengan digoyang-goyang.
Dogdog
Dogdog adalah waditra membranophone yang berwangkis satu muka, cara membunyikannya dengan ditepuk menggunakan telapak tangan atau dipukul dengan alat pemukul dari kayu atau bambu.
Bahan baku dogdog terdiri atas kayu nangka/nyiur sebagai bahan badannya; serta kulit sapi, kerbau, biri-biri atau kambing sebagai bahan penutup muka/bidang (permukaan) dogdog sebagai sumber suara. Bahan tambahan adalah rotan/bambu sebagai bahan wengku atau bibir dogdog serta tali pengikat.

Bentuk dogdog ada dua macam, yaitu :
-Dogdog lojor, berbentuk bulat dan panjang;
-Dogdog biasa, berbentuk bulat dan pendek.

Mengenai warnanya, sebagian besar dogdog berwama hitam atau coklat yang dipernis. Dogdog, konon mempunyai makna yang dalam. Baik dogdog lojor, Doblang, Ogel, atau Reog senantiasa diwujudkan dengan empat buah dogdog, hitungan atau bilangan empat mempunyai makna bahwa hidup di dunia dibungkus dengan badan kasar yang berasal dari empat macam saripati, yaitu; angin, api, tanah, dan air. Maka kalau kita mati, badan kasar itu akan dikubur dan kembali menjadi sari-sari pati (Atik Soepandi,1985-1986 : 79).

Fungsi waditra dogdog di dalam gending merupakan pembawa, pengatur irama lagu. Jika lagu akan dipercepat, diperlambat, atau dihentikan, bergantung pada penabuh dogdog yang digarap oleh dalang Ogel atau Reog. Cara memakai dogdog yaitu tali diselendangkan atau diikatkan pada pinggang. Lantas dogdog tersebut dikaitkan atau dimasukkan ke dalam ikatan, dan kedua tangan bergerak memainkan dogdog.

Kendang
Kendang adalah waditra membranophone dengan bahan terbuat dari kayu sebagai badannya dan kulit/wangkis sebagai penutup kedua bidang muka kendang. Cara membuyikannya dipukul atau ditepuk dengan telapak tangan. Bunyi kendang yang: gulipak-gulipek mempunyai arti kotektak-kotektek yang dimaksudkan adalah carilah Tuhan Yang Mahakuasa (Atik Soepandi, 1985¬1986 : 94).

Dalam pembuatan kendang, konon sebelumnya diawali dengan suatu upacara permohonan kepada Tuhan serta para leluhur agar selama pembuatannya diberi keselamatan,

Tarompet
Tarompet adalah waditra yang termasuk ke dalam rumpun aerophone. Instrumen ini dibuat dari kayu dengan tempurung sebagai alat penahan rongga mulut, dan memiliki tujuh buah lubang nada dan empat (lidah-lidah suara) sebagai sumber bunyi.

Sumber : LP Edisi 16/Desember 1998 ISSN 0854-7475 Kesenian Daerah Di Jawa Barat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung

Photo : http://newspaper.pikiran-rakyat.com