Rasa Pedas Rempahnya, Menggugah Selera Makan

suarasurabaya.net| Merasakan Sichuan masakan khas dari Hong Kong akan membuat ketagihan. Pasalnya, rasa rempah-rempahnya begitu terkena lidah, selera makan menjadi bertambah.

Kekhasan inilah yang dihadirkan Lung Luang Chinese Restaurant Sheraton Surabaya untuk memenuhi pencita kuliner Surabaya yang sebagian besar cukup familiar dengan masakan khas Hong Kong. Dengan kehadiran Sichuan ini, kata HANNY CAHYONO Manager Lung Luang pada s pecinta kuliner lebih bisa mengeksplor kenikmatan 3 jenis Sichuan yakni Daging Sapi Sayur ala Sichuan, Mapo Tofu Sichuan dan Telur Dadar Sichuan.

“Sentuhan rempah-rempat yang kita impor langsung dari Hong Kong menambah rasa Sichuan dicari orang. Begitu saosnya dicicipi, bisa-bisa ketagihan untuk mengkomsusinya,”kata HANNY.

Meski sebagian rempah-rempahnya diimpor, namun masakan ini bisa dibuat sendiri dengan mengkombinasikan rempah-rempah Indonesia. Hanya saja, HANNY memberikan tips, untuk memilih daging. Sebaiknya menggunakan daging yang ada di sekitar dada dan dibuang lapisan putihnya.

“Saat menggoreng, minyak secukupnya sehingga seluruh daging yang digoreng terendam seluruhnya. Dan saat memasukan daging, kondisi minyak benar-benar panas dan api besar. Daging jangan digoreng terlalu lama,”tukasnya. (tin)

Tumis Irisan Daging Sapi dengan Sayur Ala Sichuan
Bahan :
- Daging Sapi slice 200 gr
- Taoge bersih 50 gr
- Sawi daging potong memanjang
- Bawang daun, bawang putih slice 4 pcs & cabe rawit chop secukupnya

Cara Memasak :
- Goreng daging Sapi sampai matang,lalu tiriskan kemudian cah taoge, sawi daging, bawang putih dan bawang daun secara bersamaan lalu tiriskan.
- Jangan lupa bubuhi garam dan gula lalu merica secukupnya. Setelah itu masukan kuah ayam 100ml kasih garam 1 gr dan gula pasir ½ gr tambahkan saus sichuan 4 gr aduk sampai rata.
- Lalu masukan daging sapi setalah itu siram di atasnya dan makanan siap untuk disajikan.

Mapo Tahu Kerang Pasific Ala Sichuan
Bahan :
- Tahu Jepang ( Udang ) 2 pcs potong kecil-kecil
- Kerang Pasific 8 pcs, Daun bawang & Jamur tungku potong dadu 30 gr
- Cabe Rawit 2 Siung

Cara Memasak :
- Goreng tahu Jepang setengah matang lalu tiriskan. Masukan semua bahan jadi satu ke dalam wajan jangan lupa kasih sedikit chop garlic dan tambahkan 100 ml kuah ayam, tambahkan saus sichuan 5 gr aduk perlahan hingga rata.
- Setelah itu kasih garam 3 gr, gula 1gram dan tambahkan sedikit tepung maizena sebagai pengental lalu angkat dan makanan siap disajikan.

Telur Dadar dengan Daging Ayam Ala Sichuan :
Bahan :
- Daging potong Julien 2 ons dan Jamur Emas ½ ons
- Wortel Julien ½ ons & Bawang daun 2 batang potong memanjang.
- Cabe rawit potong kecil-kecil secukupnya.
- Telur Ayam 2 biji kocok sampai rata dan bumbu dengan garam ½ gr
lalu panaskan dieflon menjadi 2.

Cara Memasak :
- Masukan Ayam, wortel, bawang daun dan jamur emas bumbu dengan garam ½ gr,gula 0,3 gr, merica 0,1 gr dan kecap hitam secukupnya kedalam telur dadar yang sudah menjadi 2 bagian.
- Lalu gulung dan tim kira-kira 10 menit. Bikin saus sichuan dengan 100 ml air tambahkan saus sichuan 5 gr campur jadi satu.
- Bumbui dengan garam dan gula secukupnya, beri sedikit tepung pengental dan sesame Oil lalu siramkan di atasnya jangan lupa casi sawi daging 4 pcs untuk garnis penambah selera makan.

Teks foto :
1. Daging Sapi Sayur ala Sichuan
2. Mapo Tofu Sichuan
3. Telur Dadar Sichuan
Foto : TITIN suarasurabaya.net

Sumber :
http://www.suarasurabaya.net